Yuk Membuat Tahu Bakso Ala Ungaran


Minggu lalu, saya bersama keluarga besar berkumpul di Semarang, di Ungaran tepatnya untuk menghadiri pernikahan salah satu keluarga. Perjalanan panjang dengan mobil dari Jakarta sejak pukul 2 malam penuh dengan kisah mengharu biru. Salah sekiannya adalah cincin dan mas kawin mempelai yang masih tertinggal di Jakarta sementara kami telah mengarungi perjalanan 7 jam hingga Cirebon. Handphone saya yang hilang di lobi hotel tempat kami menginap di Semarang dan segala kesibukan serta keruwetan lainnya yang membuat energi seakan tersedot habis. Badan ini yang memang telah terasa tidak enak saat berangkat semakin parah terserang flu ketika tiba kembali di Jakarta. 

Tahu bakso versi Bu Pudji

Namun semua itu tidak menyurutkan langkah saya untuk memborong sekantung besar makanan khas Ungaran yang cukup kondang, yaitu tahu bakso Bu Pudji. Walau tahu bakso Bu Pudji bukan lah makanan baru bagi saya, namun request teman-teman kantor membuat saya akhirnya mampir sejenak di toko jajanan Bu Pudji untuk membeli beberapa kotak tahu bakso yang alamak beratnya.^_^


Tahu bakso merupakan makanan yang terbuat dari sepotong tahu goreng yang di dalamnya dijejalkan adonan bakso. Tahu berisi adonan bakso ini lantas di rebus hingga matang dan digoreng untuk kemudian disantap bersama dengan cabai rawit yang pedas. Rasa tahu yang asin memang mantap bersanding dengan isi bakso  yang gurih, membuat anda ketagihan untuk terus dan terus menyantap setiap potongnya. Terus terang sekotak tahu bakso berisi 10 buah ini sanggup saya sikat sendiri dalam satu kali kesempatan. Tobat! Kelebihan tahu bakso Bu Pudji adalah kualitas bahan yang digunakan mulai dari tahu yang dipakai hingga adonan bakso di dalam tahu yang terasa sangat sedap. Sesuai dengan klaim di kotak pembungkusnya, tahu bakso ini tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali sehingga tidak tahan lama. 


Sebenarnya makanan bernama tahu bakso sudah sering saya buat di rumah, karena sejak masa kuliah di Jogya sepuluh tahun yang lalu, makanan ini telah menjadi kudapan wajib di Jogya. Tentu saja kualitas tahu bakso di Jogya tidak sama dengan di Ungaran milik Bu Pudji, namun jika anda tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah maka anda bisa menggunakan bahan terbaik dengan komposisi yang pas untuk menghasilkan tahu bakso yang mantap. Anda bisa menggunakan tahu putih yang digoreng sendiri atau seperti saya di resep ini menggunakan tahu Sumedang yang saya beli di supermarket. Uleni daging cincang yang digunakan hingga serat daging tidak terlihat sama sekali. Jika anda memiliki food processor atau blender maka masukkan saja semua bahan bakso ke dalamnya dan proses hingga halus. Adonan bakso ini siap untuk di jejalkan ke dalam tahu yang telah digoreng. 


Tahu bakso selain sedap di makan begitu saja juga lezat jika disantap bersama dengan kuah bakso yang gurih. Jika anda tertarik dengan resep tahu bakso beserta kuahnya, saya pernah menulis mengenai artikel ini di Tahu Bakso Sehat Berkuah. Anda bisa klik disini untuk melihat resep dan proses pembuatannya. 

Berikut ini resep tahu bakso yang saya modifikasi sendiri resep dan proses pembuatannya.


Tahu Bakso ala UngaranResep hasil modifikasi sendiri

Untuk 25 – 30 buah tahu bakso 

Bahan:
– 25 – 30 buah tahu goreng atau tahu pong atau tahu Sumedang ukuran 3 x 3 cm, iris bagian tengahnya hingga membentuk kantung– 300 gram daging sapi giling– 300 gram daging ayam giling– 200 gram tepung sagu– 2 butir telur ayam ukuran besar
– 1 batang daun bawang, cincang halus (optional)

Bumbu, haluskan:
– 8 siung bawang putih– 5 siung bawang merah– 1 1/2  sendok teh merica butiran– 1 1/2 sendok teh kaldu bubuk– 1/2 sendok makan garam (sesuai selera)

Air untuk merebus tahu bakso:– 3 siung bawang putih, haluskan– 1/2  sendok makan garam– 2 1/2 liter air

Cara membuat:


Siapkan mangkuk masukkan daging sapi, daging ayam, daun bawang dan  bumbu halus. Uleni adonan dengan tangan hingga tercampur rata dan serat-serat daging tercerai berai atau tidak menggumpal lagi. Masukkan telur, uleni hingga rata dan tambahkan tepung sagu. Aduk dengan tangan hingga menjadi adonan yang smooth. Cicipi rasanya.

Jika anda menggunakan food processor atau blender maka masukkan semua bahan bakso dan bumbu ke dalam alat dan proses hingga halus dan lumat. 

Masukkan satu sendok makan adonan bakso ke tengah tahu yang telah diiris hingga terbuka, jejalkan adonan dengan ujung-ujung jari hingga padat dan mengisi rongga tahu. Keunggulan menggunakan tahu pong/tahu Sumedang adalah rongga yang cukup besar di tengah tahu membuat kita mengisi adonan hingga maksimal. 


Siapkan panci, beri air dan bumbu untuk merebus tahu bakso. Rebus hingga air mendidih. Masukkan tahu yang telah diisi adonan ke dalam air mendidih. Rebus hingga tahu mengapung dan matang. Angkat tahu menggunakan saringan kawat dan tiriskan. 

Sebenarnya dalam kondisi seperti ini tahu telah bisa disantap, namun jika anda ingin permukaan tahu yang lebih garing maka goreng tahu dalam minyak panas hingga permukaannya kecoklatan. Angkat dan sajikan panas-panas dengan cabai rawit. Mantap!

Lihat juga:   Resep Spinach Orange Smoothies


Yuk Membuat Tahu Bakso Ala Ungaran, Sumber Resep: http://www.justtryandtaste.com/2012/04/yuk-membuat-tahu-bakso-ala-ungaran.html

    Add Comment