Tahu Berontak Isi Kol, Wortel & Daun Bawang


Di Jakarta dan mungkin di sebagian besar orang mengenal makanan ini dengan nama tahu isi, namun di Paron, kampung halaman saya, gorengan lezat ini berjuluk tahu berontak. Nama ini mungkin diberikan untuk menunjukkan si tahu yang perutnya seakan memberontak dan gendut karena berisi tumisan aneka sayur-sayuran. Apapun alasannya, tahu isi atau tahu berontak ini merupakan salah satu makanan favorit saya dan tidak pernah membuat saya bosan. Membuatnya sangat mudah dan saya jamin anda tidak akan kecewa dengan hasilnya, pasti penganan ini akan habis ludes diserbu dalam sekejap. Selain itu, bahan-bahannya juga terjangkau dengan harga yang murah meriah.

Untuk membuat tahu berontak ini anda membutuhkan tahu goreng yang tengahnya berongga, atau tahu kopong. Tahu goreng Sumedang salah satu contoh tahu yang baik untuk membuat makanan ini. Selain itu di pasar tradisional biasanya penjual tahu menjual aneka jenis tahu baik yang masih mentah maupun yang telah digoreng, Namun jika anda ingin menggorengnya sendiri, untuk menghasilkan tahu yang berongga dengan kulit yang kering maka gorenglah dengan menggunakan minyak yang banyak dan panas. Usahakan semua bagian tahu terendam minyak. Cara ini membuat tahu menggembung dan berongga dengan baik.

Tips lainnya, usahakan agar adonan tepung menutup rapat sayatan tahu tempat tumis sayuran dimasukkan. Kemudian saat menggoreng tahu, letakkan sisi sayatan di bagian bawah, goreng hingga kering baru balikkan tahu dan masak sisi lainnya hingga matang. Cara ini membuat tahu isi anda bebas bocor sehingga minyak goreng tidak masuk dan bercampur dengan tumisan isi. Tertarik untuk membuatnya?
Berikut resepnya ya.
Tahu Berontak Isi Kol, Wortel dan Daun BawangResep hasil modifikasi sendiri Untuk 12 buah tahu ukuran 5 x 5 cm
Bahan:– 12 buah tahu goreng, ukuran 5 x 5 cm– 1 buah wortel, potong korek api– 250 gram kol, rajang halus– 2 batang daun bawang, rajang halus– Minyak untuk menggoreng
Bumbu:– 3 butir bawang putih, haluskan– 2 butir bawang merah, haluskan– 1 sendok teh merica, haluskan– 1/2 sendok makan garam– 1 sendok teh kaldu bubuk– Minyak untuk menumis
Bahan pencelup:– 150 gram tepung terigu serba guna– 200 ml air– 1 butir telur– 1 sendok teh garam
Pelengkap:– Cabai rawit– Saus sambal/tomat botolan
Cara membuat:

Siapkan wajan, beri 1 sendok makan minyak. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang. Masukkan semua rajangan sayuran, aduk rata. Tambahkan garam dan kaldu bubuk. Aduk-aduk dan masak hingga matang, cicipi rasanya dan angkat. 
Karena tumisan mengeluarkan air, tiriskan menggunakan mangkuk saring atau saringan kawat hingga air habis. Sisihkan.
Bahan pencelup:
Siapkan mangkuk sedang, masukkan semua bahan pencelup, aduk rata dengan spatula balon hingga menjadi adonan yang smooth. 
Mengisi tahu:

Sayat salah satu sisi tahu dengan pisau, jangan terlalu lebar. Masukkan isi tumisan kedalamnya, jejalkan dengan ujung jari hingga isi padat dan rapikan permukaan tahu sehingga celah menutup kembali. 
Tata tahu di loyang lebar atau piring datar, lakukan hingga semua bahan dan tahu habis.

Celupkan bagian sayatan tahu ke adonan tepung hingga celah tertutup baik, jika adonan anda terlalu banyak air dan encer maka adonan tidak akan menutupi bagian sobekan dengan baik. Gulingkan seluruh permukaan tahu ke adonan. 

Goreng tahu dalam minyak panas dengan posisi sisi sayatan terlebih dahulu di bagian bawah, goreng hingga kering dan matang baru kemudian balik tahu dan masak sisi lainnya hingga matang. Angkat dan tiriskan.
Tahu berontak siap disajikan dengan cabai rawit. Sedap!

Lihat juga:   CARA MEMBUAT KUE ULAT SUTRA


Tahu Berontak Isi Kol, Wortel & Daun Bawang, Sumber Resep: http://www.justtryandtaste.com/2011/09/tahu-berontak-isi-kol-wortel-daun.html

Add Comment