RESEP PRAKTIS KEMPLANG DAN KERUPUK GETAS ASLI BANGKA YANG RENYAH DAN GURIH

Kemplang atau Kerupuk adalah salah satu makanan khas Kabupaten Bangka Belitung. Jenis makanan ini banyak didapati di toko-toko yang menyebar di semua kecamatan di Kabupaten Bangka maupun di Provinsi Lainnya. Industri usaha pembuatan kemplang atau kerupukinitermasuk dalam industri rumah tangga di mana sebagian besar diusahakan dan dijalankan oleh para ibu-ibu rumah tangga. Daerah sentra pembuatan kemplang di Kabupaten Bangka yaitu Kecamatan Belinyu, Sungailiat serta Merawang. Yang paling di kenal di Kabupaten Bangka yaitu kemplang Belinyu yang mempunyai ciri khas serta rasa yang enak, Kerupuk ini biasa disebut Getas atau Kletekan. 

Kerupuk Getas ini termasuk juga dalam makanan selingan atau bisa pula sebagai lauk pauk. Bahan dasar yang dipakai yaitu ikan serta tepung tapioka. Bisa juga ikan diganti dengan udang atau cumi-cumi. 

Bahan-Bahan : 

  • Ikan Tenggiri 
  • Tepung Tapioka 
  • Garam 
  • Bumbu penyedap 

Peralatan : 

  • Alat penggiling ikan 
  • Alat Penjemuran 
  • Alat Penggorengan 
  • Alat Pemotong kemplang 

Proses Pembuatan :

  1. Sebelumnya ikan dibersihkan dari sisik, perut serta kepalanya. Lalu dicuci bersih serta ditiriskan. Pisahkan daging ikan dari tulangnya. 
  2. Daging ikan yang sudah bersih dari tulang lalu digiling dengan memakai alat penggiling ikan. 
  3. Daging ikan yang sudah halus dicampur dengan garam lalu diaduk sampai rata. Setelah tercampur rata, daging ikan dicampur dengan tepung tapioka sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata hingga menjadi 1/2 padat dan bisa dibuat lenjeran. 

  

Untuk Kemplang : 

  1. Lenjeran bahan kemplang di rebus di air yang sudah mendidih dan bakal mengapung jika sudah masak atau bisa pula dikukus sampai masak. Diamkan sampai dingin serta agak keras. Lenjeran yang sudah keras itu dipotong-potong dengan ketebalan tertentu, lalu dijemur sampai kering. Setelah kering kemplang bisa digoreng. 
  2. Kemplang itu bisa pula digoreng dengan memakai pasir yang dimaksud kemplang panggang. Langkahnya pasir bersih yang di ambil dari dasar sungai dikeringkan memanfaatkan cahaya matahari, lalu di taruh diwajan serta dipanaskan. Sesudah pasir diwajan betul-betul panas, benamkan kemplang dalam pasir panas itu. Sambil dibolak-balik sampai masak. 
Lihat juga:   Resep Cara Membuat Siomay Dimsum Ayam Udang Jamur Lezat

  

Untuk Getas : 

Adonan 1/2 padat itu di buat dengan bentuk bulatan sebesar ibu jari atau berupa lenjeran kecil (diameter 1-2 cm), lalu dipotong-potong dan segera digoreng di dalam minyak panas. 

Selamat Mencoba !!!!! 

RESEP PRAKTIS KEMPLANG DAN KERUPUK GETAS ASLI BANGKA YANG RENYAH DAN GURIH, Sumber asli Resep dan gambar: http://wahanaberita12345.blogspot.com/2016/05/resep-praktis-kemplang-dan-kerupuk.html

artikel ini tentang:
resep getas bangka  |  cara membuat getas bangka  |  

Add Comment