Resep Perkedel Kentang

Resep Perkedel Kentang – Sangat banyak olahan kentang bisa kita buat dan yang paling disukai ibu rumah tangga adalah perkedel kentang. Cita rasa empuk, manis dan nikmat menjadi alasan dipilihnya perkedel kentang. Apalagi jika perkedel kentang dibaluri dengan telur, tentu perkedel kentang tambah enak. Wah pasti makin penasaran sama resep perkedel kentang. Saya rasa sangat mudah seperti halnya cara membuat keripik kentang. renyah.

Banyak jenis gorengan seperti bakwan atau mendoan mendominasi warung-warung pinggir jalan. Beda halnya dengan perkedel kentang, sangat jarang ditemukan. Jadi jika kesulitan mencarinya maka jalan yang tegahnya adalah denga membuat resep perkedel kentang sendiri di rumah. Selain menghemat uang belanja, itung-itung nambah kamus resep memasak. Jika perkedel kental udah bisa, tinggal deh ganti belajar resep yang lain.

Resep Perkedel Kentang
Perkedel Kentang Daging Sapi

Dalam pertemuan kali ini, ekhhhem..ekhemm.. ceeeiileh pake kata pertemuan segala malah kayak anak muda pacaran..hhe   Ganti ah kata-katanya langsung to do point aja ya. Nanti itu buat perkedel tapi yang spesial. Kenapa spesial? Karena perkedelnya dicampur sama daging cincang jadi jelas lebih nikmat. Mesti ada yang ngeluh dan bilang “LAGI NGIRIT MBAK”. Tenang saja di sarah quin semua ada solusinya, kalo ngirit perkedel kentangnya ya gak usah pake daging sapi. Beres to? Gitu aja ribet.

Resep Perkedel Kentang

Bahan

  • 1/2 kg Kentang, kupas kentang iris tipis
  • 1 ons Daging Sapi, cincang halus
  • 4 batang Daun Seledri, iris halus
  • 2 butir Telur, kuning untuk mencampur kentang dan bagian putih untuk menggoreng.
  • 1 batang seledri, iris halus (untuk campuran putih telur)

Bumbu

  • 3 Bawang Putih, iris tipis
  • 5 Bawang Merah, iris tipis
  • 1/2 sendok teh Lada/Merica
  • 1/2 bungkus Royco rasa sapi
  • Garam Secukupnya
Lihat juga:   Resep Masakan Nasi Goreng Ayam

Cara Membuat Perkedel Kentang

  1. Goreng kentang yang sudah diiris tipis. Kegunaan diiris tipis agar cepat matang karena jika tidak diiris tipis matangnya tidak sampai bagian dalam kentang. Goreng sampai matang kecoklatan namun jangan sampai garing. Tiriskan.
  2. Haluskan kentang dengan cara ditumbuk.
  3. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai kecoklatan. Tiriskan. 2/3 bagian bawang dihaluskan. sisihkan yang 1/3 bagian.
  4. Campurkan kentang, daging sapi,1/3 bagian bawang goreng, 4 batang seledri dan kuning telur.
  5. Masukkan bumbu yang dihaluskan (2/3 bawang goreng), lada, royco dan garam.
  6. Campur adonan kentang dan bumbu lalu uleni sampai rata.
  7. Ambil adonan sedikit lalu bentuk bulat.
  8. Campur putih telur, 1 batang seledri dan sedikit royco.
  9. Celupkan adonan yang sudah dibenntuk kedalam campuran putih telur.
  10. Panaskan minyak lalu goreng adonan yang sudah dicelupkan ke dalam putih telur. Goreng hingga kecoklatan. Bisa juga sampai garing, sesuai selera anda saja.

Oh ya coba juga: Resep cara membuat bakwan jagung crispy

Tips Membuat Perkedel Kentang

Pilih kentang yang bagus. Bisa dilihat dari kulit yag halus mulus. Jika ada tanda hitam bentol-bentol, bisa saja bagian dalam kental agak keras. Pastinya kalau keras tekstur perkedel bakal ikut keras. Dan sering ditemukan juga, kentang bentol hitam baunya seperti akan busuk.

Tahapan kedua yang perlu diperhatikan adalah saat penggorengan berlangsung. Gunakan minyak yang banyak biar semua bagian perkedel kentang dapat tergoreng rata. 

Bagian ketiga yaitu perlu memerhatikan daging sapi yang dicincang. Jangan sampai gunakan daging yang banyak mengandung lemak karena dapat mempercepat proses membusuknya perkedel. Selain itu tekstur pada perkedel kental juga akan lembek

Resep Perkedel Kentang, Sumber Resep dan gambar: http://www.resepbuat.com/2014/04/resep-perkedel-kentang.html

Add Comment