Resep Pepes Ikan Teri Basah Kelapa Kering Asli Medan

Resep pepes ikan teri adalah sebuah sajian pepes yang menggunakan ikan teri sebagai salah satu bahan bakunya yang dimasak dengan cara dikukus dan diolah dengan tambahan racikan bumbu khusus sehingga bisa menghasilkan citarasa masakan super enak serta menggoda selera makan kita. Lalu bagaiman cara memasak pepes ikan teri yang enak dan disukai oleh banyak orang bila kalian ingin tahu silahkan baca saja panduan dari resep pepes ikan teri basah yang ada dibawah sini. Kumpulan Aneka Cara Membuat Atau Masak Memasak Serta Panduan Rahasia Bikin Buat Video Resep Pepes Ikan Teri Asin Tahu Nasi Basah Daun Singkong Kering Kelapa Parut Asli Sajian Sedap Medan Paling Pedas

Bahan Pepes Ikan Teri Basah Asin:

250 gram teri nasi segar, buang kepalanya
1 buah tomat ukuran kecil, potong potong
2 batang serai, memarkan dan iris kasar
1 batang daun bawang, iris tipis
4 lembar daun salam, belah dua bagian
8 lembar daun pisang atau secukupnya
16 buah tusuk gigi atau secukupnya
2 sendok makan minyak goreng
1/2 sendok teh gula pasir
1/2 sendok teh garam

Bumbu Halus Pepes Ikan Teri Kelapa:

2 buah cabai merah keriting
2 buah cabai merah besar
3 siung bawang putih
5 buah bawang merah
2 butir kemiri, sangrai
1 cm kunyit, bakar
1 cm jahe
1/2 sendok teh terasi, bakar

Cara Membuat Pepes Ikan Teri Asin Tahu Nasi Basah Daun Singkong Kering Kelapa Parut Asli Sajian Sedap Medan Paling Pedas:

1. Siapkan wajan lalu panaskan minyak goreng kemudian tumis bumbu yang sudah dihaluskam sambil terus dibolak balik sampai tercium aroma harum.
2. Kemudian segera masukan garam dan gula pasir lalu aduk perlahan hingga semua bahan tercampur rata lalu angkat dan biarkan dingin dalam suhu ruangan.
3. Setelah itu tambahkan teri, daun bawang dan potongan tomat kemudian aduk kembali hingga semua bahan tadi tercampur secara sempurna dan merata.
4. Berikut ambil daun pisang lalu tambahkan daun salam, serai dan adonan pepes ikan lalu segera bungkus dan jangan lupa semat kedua ujungnya dengan lidi.
5. Lalu kukus adonan pepes dengan menggunakan api sedang kurang lebih selama 30 menit atau sampai pepes ikan teri matang secara sempurna.
6. Terakhir segera sajikan pepes ikan teri medan selagi masih panas sebagai menu pelengkap saat anda menikmati nasi putih pulen atau ketupat.

Lihat juga:   Resep Ayam Bakar Taliwang Khas NTB

Untuk 8 porsi

Itulah beberapa panduan rahasia cara bikin masakan pepes ikan dari resep pepes ikan teri basah yang sudah lama sekali ingin saya tulis pada blog ini. Akhir kata selamat menikmati olahan masakan pepes ikan serta jangan lupa coba juga kreasi terbaru lainnya seperti x yang jaman kerajaan sudah menjadi salah satu kuliner yang sangat disukai oleh para raja dan bangsawan.

Resep Pepes Ikan Teri Basah Kelapa Kering Asli Medan, Sumber Resep dan gambar: http://www.masakanpedas.com/2016/04/resep-pepes-ikan-teri-basah-kelapa-kering-asli-medan.html

    Add Comment