Resep Pepes Ikan Patin Kemangi Asli Banjar Paling Enak

Resep pepes ikan patin merupakan salah satu kreasi masakan pepes ikan yang menggunakan daging ikan patin pilihan sebagai bahan bakunya kemudian dimasak dengan tambahan daun kemangi dan juga bumbu kuning sehingga bisa menghasilkan rasa masakan yang sangat enak serta sulit untuk dilupakan. Lalu bagaimana cara memasak pepes ikan patin yang bisa diterima oleh lidah semua orang, bila anda penasaran silahkan simak saja panduan dari resep pepes ikan patin banjar yang ada dibawah sini. Aneka Rahasia Cara Membuatatau Bikin Buat Serta Kumpulan Panduan Masak Memasak Video Resep Pepes Ikan Patin Kemangi Bakar Tempoyak Bumbu Rujak Kuning Pedas Ncc Asli Sajian Sedap Banjar Yang Paling Enak

Bahan Pepes Ikan Patin Kemangi:

1 ekor ikan patin ukuran besar, potong 4 bagian
3 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
5 tangkai kemangi, petiki daunnya
4 lembar daun salam, sobek sobek
1 buah tomat merah, iris tipis
1 batang serai, iris tipis
3 cm lengkuas, iris tipis
10 buah cabai rawit merah
4 lembar daun pisang atau secukupnya
8 buah lidah atau secukupnya
25 ml santan kental dari 1/4 butir kelapa

Bahan Lumuran Pepes Ikan Patin Tempoyak Pedas:

2 sendok teh air jeruk nipis
1/2 sendok teh garam

Bumbu Halus Pepes Ikan Patin Banjar Enak:

4 butir kemiri, sangrai
3 siung bawang putih
8 buah bawang merah
3 cm kunyit, bakar
2 cm jahe
1/2 sendok makan garam
3/4 sendok teh gula pasir

Cara Membuat Pepes Ikan Patin Kemangi Bakar Tempoyak Bumbu Rujak Kuning Pedas NCC Asli Sajian Sedap Banjar Yang Paling Enak:

1. Pertama lumuri potongan ikan patin dengan air jeruk nipis dan garam hingga merata kemudian diamkan kurang lebih selama 15 menit.
2. Setelah itu campur bumbu yang sudah dihaluskan bersama dengan santan dan potongan ikan patin kemudian diamkan kemblai selama 15 menit.
3. Kemudian tambahkan daun salam, lengkuas, serai, kemangi, tomat dan cabai kedalam adonan pepes ikan patin lalu aduk kembali hingga merata.
4. Berikutnya ambil selembar daun pisang kemudian letakan potongan ikan patin dan sendokan bumbu rendamannya kemudian rapikan dan segera bungkus.
5. Dan jangan lupa semat kedua ujungnya dengan lidi atau tusuk gigi setelah itu masukan adonan pepes ikan kedalam kukusan dan tata rapi.
6. Lalu kukus adonan pepes ikan patin diatas api sedang kurang lebih selama 30 menit atau hingga pepes ikan matang secara sempurna.
7. Terakhir bakar pepes ikan patin diatas bara api atau wajan datar hingga mengeluarkan aroma wangi atau harum lalu segera sajikan.

Lihat juga:   Resep Putu Mayang ala Wong Cafe

Untuk 5 porsi

Itulah beberapa panduan cara memasak pepes ikan enak dari resep pepes ikan patin kemangi yang bisa saya tulis dan bagikan kepada kalian semua para pecinta kuliner masakan nusantara khususnya olahan pepes. Akhir kata selamat menikmati olahan masakan pepes ikan patin enak serta jangan lupa baca juga kreasi masakan terbaru lainnya seperti x yang sangat spesial.

Resep Pepes Ikan Patin Kemangi Asli Banjar Paling Enak, Sumber Resep dan gambar: http://www.masakanpedas.com/2016/04/resep-pepes-ikan-patin-kemangi-asli-banjar-paling-enak.html

    Add Comment