Resep Pepes Ayam

Pepes Ayam Khas Sunda

Resep Pepes Ayam Khas Sunda yang Enak tidaklah sulit untuk dibuat. Anda bisa menyajikan pepes ayam dalam keadaan hangat sebagai teman pendamping nasi dan juga sambal tomat.

Pepes ayam sudah tidak asing lagi di telinga Anda tentunya. Ya, makanan ini berasal dari Sunda. Ayam yang terbungkus rapi dengan bumbu-bumbu pepes khas Sunda. Untuk membuat pepes ayam tidaklah sulit. Anda bisa membuat sendiri di rumah, walaupun sebenarnya #Pepes ayam begitu mudah Anda temukan di banyak warung makan. Namun pepes ayam buatan sendiri dijamin lebih sehat dan enak karena porsi bumbu disesuaikan dengan selera. Pada artikel ini, penulis akan menguraikan Resep pepes ayam khas Sunda yang lezat. Simaklah baik-baik agar Anda bisa mencobanya di rumah.

Sebelum membuat pepes ayam, Anda harus menyiapkan bahan dan bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Resep Masakan Indonesia menguraikannya sebagai berikut :

Rating: 51

Prep Time: 1 hour

Cook Time: 1 hour

Total Time: 2 hours

Yield: 10

Serving Size: 1000g

Calories per serving: 890

Fat per serving: 78g

Resep Pepes Ayam

Bahan / Bumbu :

    4 sendok makan minyak sayur
  1. ¾ kg ayam, kemudian potong sesuai selera Anda. Hanya diambil filletnya saja
  2. 1 liter air untuk merebus, atau secukupnya
  3. Daun pisang untuk membungkus
  4. 1ikat daun kemangi, ambil bagian daunnya saja
  5. Bumbu yang dihaluskan antara lain:

  6. Kunyit berukuran sekitar 2 jari
  7. 10 kemiri
  8. 5 siung bawang putih
  9. ½ sdt pala, usahakan yang bubuk
  10. 2 sdm ketumbar
  11. Garam dan penyedap rasa sesuai selera
  12. 2 batang serai

  13. 2 cabai merah
  14. 3 siung bawang merah
  15. 1 batang daun bawang

Cara Membuat :

  1. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah men campurkan ayam dengan bumbu-bumbu yang dihaluskan dan 2 sendok makan minyak sayur. Aduk sampai rata.
  2. Kemudian masukkan bumbu-bumbu yang diiris beserta daun kemangi, dan pastikan semuanya tercampur rata. Setelah itu, bungkus dengan rapi olahan tadi menggunakan daun pisang.
  3. Siapkan wajan dan beri air, lalu didihkan. Masukkan olahan ayam yang telah dibungkus ke dalamnya. Tutup wajan dan masak sampai air rebusan menyusut dan tinggal sedikit. Atau untuk hasil maksimal Anda bisa menggunakan panci presto agar lebih cepat matang dan dipastikan enak.
  4. Setelah air rebusan menyusut, kemudian beri 2 sendok makan sayur dan masak sampai air rebusan habis serta daun pisang tidak lengket di wajan.
  5. Pepes ayam siap disajikan untuk keluarga ataupun sahabat.

Resep pepes ayam tersebut dapat disajikan menjadi 10 porsi untuk masing-masing bungkus berukuran sedang. Jika Anda membuat ukuran bungkusan lebih besar lagi maka jumlah bungkusan lebih sedikit. Tergantung pada besar dan kecil bungkusan yang Anda buat. Usahakan jangan membuat bungkusan pepes terlalu tebal ataupun terlalu tipis. Jika terlalu tebal dikhawatirkan bumbu tidak teresap sempurna. Jika terlalu tipis pun ditakutkan akan kekeringan.

Baca Juga : Resep Pepes Ikan

Pepes ayam lebih enak disajikan dalam keadaan hangat ketika masakan baru matang. Jika tingkat kepedasan masing kurang, Anda bisa menambahkan cabai ketika memakannya. Pepes ayam cocok disajikan dengan Nasi kuning panas dan memakannya dengan tangan. Anda bisa menambahkan lalapan dan sambal seperti orang Sunda yang sangat menyukai lalapan. Pepes ayam dipastikan disukai oleh semua orang dan anggota keluarga. Ayam fillet yang rata dengan bumbu rempah dan meresap pasti berbeda dengan olahan masakan ayam lainnya. Selamat mencoba resep pepes ayam ini dan semoga berhasil serta Anda bisa menyajikan makanan enak untuk keluarga ataupun sahabat.


Sumber resep & gambar: http://www.resepmasakanindonesia.me/resep-pepes-ayam/

    Add Comment