Resep Membuat Es Lidah Buaya Segar

hai kawan, pada postingan ini kami sajikan “Resep Membuat Es Lidah Buaya Segar”. kami harap resep ini dapat bermanfaat untuk bunda yang suka memasak. jangan lupa share Resep Membuat Es Lidah Buaya Segar ke teman qmu ya.


Resep Membuat Es Lidah Buaya Segar – Lidah buaya merupakan tanaman yang sering dijadikan tanaman hias di pekarangan rumah bahkan tanaman ini juga dibudidayakan untuk kepentingan tertentu. Lidah buaya memiliki ciri khas bentuk yang panjang berduri serta di setiap pinggirnya ada durinya dan juga ada gel di dalamnya. Banyak yang mengetahui bahwa lidah buaya ini snagat bermanfaat bagi kesehatan khususnya rambut dan juga dapat mengatasi masalah kesehatan dalam tubuh manusia lainnya misalnya gel lidah buaya yang dingin dapat menyembuhkan luka hingga panas dalam. 




Es Lidah Buaya
Resep Membuat Es Lidah Buaya Segar


Memang manfaat lidah buaya sangat banyak namun terlepas dari itu lidah buaya pun bisa diolah menjadi minuman segar bahkan makanan yang menyehatkan. Pada kesempatan kali ini kumpulanresepmasakan.info akan berbagi tips tentang cara mengolah atau membuat es lidah buaya segar yang bisa menyehatkan tubuh kita. Sebenarnya gel lidah buaya bisa kok dikonsumsi langsung yang sebelumnya dicuci dengan bersih namun banyak orang yang kurang menyukainya karena baunya yang cukup menyengat. Nah, sebagai salah satu cara mengkonsumsi lidah buaya yakni dengan mengolahnya menjadi minuman segar. 


Lidah buaya sendiri di Indonesia tumbuh dengan subur dan besar-besar sehingga dagingnya atau gelnya juga tebal dan terlihat begitu segar. Jika anda penasaran dengan kesegaran dara dari es lidah buaya anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.


Resep Membuat Es Lidah Buaya 


Lihat juga:   Resep Brownies Solo
Es Lidah Buaya
Resep Membuat Es Lidah Buaya Segar


Bahan es lidah buaya segar


  • 600gr lidah buaya (ambil lidah buaya yang pelepahnya tebal)
  • 300ml air
  • 800ml air
  • Air secukupnya untuk merebus lidah buaya
  • 400gr gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 1 sdt kapur sirih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdm biji selasih kering lalu rendam dalam air
  • Vanili secukupnya
  • Es batu secukupnya


Cara membuat es lidah buaya


  1. Pertama kupas lidah buaya ambil gelnya dan potong kotak-kotak dan cuci sampai bersih
  2. Campur dengan kapur sirih dan aduk lalu tambahkan garam dan air 300ml biarkan 60 menit, setelah itu cuci kembali sampai bersih dan tidak berlendir, tiriskan
  3. Didihkan air masukkan gel lidah buaya rebus 10 menit, angkat tirisan
  4. Masak 800ml air tambahkan daun pandan serta gula sampai gula larut kemudia masukkan lidah buaya, vanili, aduk sebentar angkat dan biarkan dingin
  5. Tambahkan biji selasih yang sudah di rendam dan beri es batu
  6. Es lidah buaya siap disajikan dalam gelas saji yang cantik

Resep Membuat Es Lidah Buaya Segar yang juga menyehatkan ini bisa anda coba sendiri dirumah. es lidah buaya tepat sekali disajikan pada  siang hari karena akan menambah kesegaran anda atau juga bisa dijadikan menu berbuka puasa atau pada acara tertentu. Es lidah buaya sudah segar enak menyehatkan lagi, siapa yang tidak terpesona akan kesegarannya. Nah, untuk tambahannya kalau disini kami hanya memakai selasih tetapi juga bisa ditambahkan dengan bahan lainnya seperi kelapa muda, syrup, buah sesuai dengan selera masing-masing. Itulah tadi informasi resep minuman segar semoga bermanfaat dan jangan lupa intip resep menarik lainnya Resep Membuat Es Durian Segar Mudah. Hayuk like dan share juga ya guys….


Sumber resep & gambar: http://resepdapurenakku.blogspot.com/2016/04/resep-membuat-es-lidah-buaya-segar.html

Add Comment