Resep Masakan Pisang Epe Makasar dengan Gula Merah dan Cara Membuatnya

hallo sista, pada postingan ini admin suguhkan “Resep Masakan Pisang Epe Makasar dengan Gula Merah dan Cara Membuatnya”. mudah-mudahan resep ini membawa manfaat untuk bunda yang cinta memasak. jangan lupa bagikan Resep Masakan Pisang Epe Makasar dengan Gula Merah dan Cara Membuatnya ke rekan kamu ya.


Bagi yang suka jalan-jalan dan menikmati kuliner setempat, pasti sudah mengetahui lezat dan enak nya Resep Pisang Epe Makasar. Ya, dibuat dari bahan makanan yang murah dan gampang dicari, Pisang Epe yang juga merupakan salah satu warisan resep tradisonal asli dari Makasar juga gampang membuat nya. Tidak perlu keahlian khusus untuk membuat jajanan satu ini. Cocok sekali untuk di coba di rumah.

Seperti resep Kolak Pisang Spesial kami yang bisa anda lihat di link ini, Pisang Epe asli Makasar menggunakan Pisang sebagai bahan utamanya. Ada beberapa macam rasa yang bisa ditambahkan sesuai selera, seperti coklat, keju, vanila, durian dan lain-lain nya. Untuk medapatkan rasa yang spesial, yang harus diperhatikan adalah pemilihan tingkat kematangan Pisang nya. Untuk hasil maksimal, sebaik nya dipilih Pisang Kepok yang sudah benar – benar matang. Kalau anda salah memilih, maka yang anda rasakan nanti agak sedikit masam dan pahit.

Oke, sekarang kita mulai membuat resep camilan asli Makasar ini. Pertama yang perlu anda siap kan adalah alat-alat nya. Pastikan anda sudah mempunya arang buat membakar nya. Terus ada semacam panggangan yang terbuat dari besi atau yang biasa dipakai buat barbeque dan piring saji. Untuk pemanis dan pilihan rasa, tergantung selera anda. Anda bisa beli Saus vanila, coklta atau durian yang sudah jadi.

Lihat juga:   Resep Pempek Nasi Sisa Dan Cuko Asli Palembang
Pisang Epe Makasar
Resep Pisang Epe dari Makasar

Bahan utama Resep Pisang Epe dari Makasar :

  • Pisang Kepok yang sudah matang ( Jumlah tergantung yang mau di buat)
  • Margarin secukup nya

Bahan Tambahan untuk Saus/ siraman gula di atas nya :

  • 400 gram Gula merah atau gula jawa (Untuk pisang kepok ukuran sedang sejumlah 24 pcs)
  • 6 daun pandan ukuran sedang
  • 1,2 liter air
  • 1 sendok kecil / sendok teh garam dapur
  • 4 sendok makan gula pasir putih

Cara Membuat Pisang Epe Makasar
Sebenarnya, cara membuat masakan pisang dari Makasar ini sama seperti kita membuat Roti bakar. Pisang kepok yang sebelum nya sudah kita tipiskan atau pipihkan di olesi dulu dengan margarin yang sudah di persiapkan. Oleskan secara merata dan pastikan semua bagian terkena margarin. Setelah itu, pisang yang sudah pipih tersebut di panggang menggunakan panggangan yang sudah kita persipakan di langkah 1.

Untuk hasil yang maksimal dan merata, sebaik nya gunakan kipas tangan. Tetapi kalau terpaksa, menggunakan kipas angin juga boleh, asal angin nya tidak terlalu besar. Pastikan Pisang tersebut kita bolak-balikan supaya tidak gosong dan menghitam di salah satu sisi nya. Untuk saus nya, semua bahan terlebih dulu di cuci bersih. Rebus air dulu sampai matang. Setelah itu masukkan gula merah dan terus di aduk. Setelah gula setengah cair, masukan garam dapur dan gula pasir. Terakhir masukan daun pandan dan terus diaduk sampai gula merah menyatu dengan air.

Setelah dirasa tingkat kematangan cukup atau sesuai selera, kita angkat pisang tersebut dan di taruh di piring saji. Setelah itu, siram dengan gula merah dan bahan tambahan lain, seperti keju parut, coklat, saus durian atau yang lain sesuai selera. Bagaimana menurut anda? Apakah anda tertarik dan berencana untuk membuat Resep Pisang Epe asli Makasar ini di rumah? Kalau anda punya resep lain, silahkan share dengan yang lain atau kirim resep anda ke kami untuk di terbitkan di Blog Resep Masakan Enak ini.

Lihat juga:   Resep Cara Membuat Chocolava Coklat Luber Meleleh

Sumber resep & gambar: http://resepcaramemasak.info/resep-masakan-pisang-epe-makasar-dengan-gula-merah-dan-cara-membuatnya/

Add Comment