Resep Kue Wajik Ketan Gula Merah

hai sist, saat ini saya akan berbagi informasi tentang “Resep Kue Wajik Ketan Gula Merah“. semoga resep ini membawa manfaat untuk bunda yang senang memasak. jangan lupa bagikan Resep Kue Wajik Ketan Gula Merah ini ke saudara sista ya.


Resep Kue Wajik Ketan Gula MerahKue wajik ini merupakan kue yang tradisional banget, yang biasanya terbuat dari beras ketan putih tapi apakah beras ketan hitam juga bisa dibuat wajik,bisa.. karena pada prinsip ketan hitam sama ketan putih adalah merupakan bahan dasar dari pembuatan wajik itu sendiri.


Saat sekarang ini wajik ketan baik itu ketan hitam ataupun ketan putih sudah sangat susah dijumpai, kecuali jika kita sedikit berjalan ke perkampungan, makanan yang satu ini mungkin masih bisa kita jumpai. Rasa nya yang manis dipadukan dengan legit nya rasa beras ketan akan membuat kita susah untuk berhenti mengunyah nya. Kadang orang banyak berpikir pasti sulit untuk membuat nya, tapi coba praktekan cara membuat wajik ketan baik-baik ternyata tidak lah sesulit apa yang dibilang orang lain, Yuk kita coba membuatnya.


Wajik Ketan Gula Merah


Bahan :
600 gr beras ketan, rendam selama lebih kurang 3 jam
250 ml santan kelapa kental dari 1 btr kelapa
1/4 butir kelapa, parut memanjang


Larutan gula merah

Wajik Ketan Durian
300 gr gula merah, sisir halus
100 gr gula pasir
50 ml air
1/2 sdt vanili bubuk
2 lbr daun pandan












Cara membuat wajik ketan yang enak

Setelah beras ketan kita rendam selama kurang lebih 3 jam sekarang saat nya kita kukus ketan tadi selama lebih kurang 15 menit biarkan setengah matang. Angkat kemudian sisihkan. Setelah itu campurkan dengan santan kentan dan parutan kelapa tadi. Aduk hingga tercampur rata. Setelah rata kembali kita kukus hingga matang selama lebih kurang 20 menit.


Setelah matang, sekarang kita masak campuran gula hingga mengental dengan menggunakan wajan anti lengket. Setelah mengental kita masukkan ketan yang telah matang tadi kedalam campuran gula yang telah mengental tadi, aduk-aduk kembali hingga santan habis dan agak mengering. Setelah itu angkat.


Setelah semua nya selesai, sekarang kita tempatkan ketan yang telah bercampur larutan gula tadi dalam tampah atau bisa juga menggunakan loyang yang telah kita lapisi daun pisang sebelum nya. Ratakan sambil dipadatkan. Biarkan dingin, setelah dingin ketan wajik siap disajikan.

Lihat juga:   Hot & Spicy Chicken Karaage - Ayam Goreng Garing ala Jepang

Wajik Ketan Hitam




Resep selanjutnya

Oseng-Oseng Mercon Bu Narti




Resep sebelum nya 

Tempe Penyet Sambal Kemangi


itulah tadi info “Resep Kue Wajik Ketan Gula Merah” kali ini. semoga saja resep ini mempunyai manfaat untuk bunda semua.

Sumber resep & gambar: http://www.resepmasakansiemak.com/2015/06/resep-kue-wajik-ketan-gula-merah.html

Add Comment