Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol

Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol JTT

Masa kecil saya di Paron tidak lepas dari pindang ikan. Entah berupa ikan tongkol atau jenis ikan kembung dan tamban yang berduri banyak. Lokasi Paron yang jauh dari lautan membuat ikan laut segar sulit diperoleh. Jikalau di Ngawi ada, itupun dengan harga yang sangat mahal sehingga tidak pernah masuk ke dalam list budget Ibu saya. Dulu, ketika pindang ikan ini pertama kali masuk ke pasar di Paron, rasanya luar biasa asin sehingga lebih mirip ikan asin dibandingkan ikan pindang. Kami yang terbiasa menyantap ikan laut segar setiap hari di Tanjung Pinang tentu saja cukup stress ketika harus membiasakan diri makan berlauk ikan pindang ini.

Sebenarnya rasa asin ini hal yang wajar, mengingat garam telah digunakan beribu-ribu tahun yang lampau di dalam proses pengawetan makanan. Nah ikan pindang yang didatangkan dari daerah pesisir harus menempuh jarak yang jauh dan waktu yang lama sehingga harus mampu bertahan  agar tidak mudah busuk di perjalanan. Namun anehnya lambat laun rasa ikan pindang menjadi semakin berkurang asinnya, dan saat ini hanya seperti ikan rebus biasa dengan sedikit rasa asin yang gurih. Kondisi ini sebetulnya patut dicurigai karena bahan pengawet tentunya berperan disini. Bagaimana mungkin ikan dengan kondisi basah mampu bertahan berhari-hari lamanya dengan tampilan tetap fresh serta  aroma yang masih baik jika bahan kimia tidak berperan bukan?

Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol JTT

Walau curiga bahan pengawet seperti formalin berperan di proses pengawetan ikan pindang, tetap saja Ibu saya sering membelinya. Alasannya apalagi jika bukan harganya yang murah dan rasanya yang gurih sedap. Ikan yang dikemas dalam wadah anyaman bambu (besek) ini kemudian diolah menjadi berbagai jenis lauk yang semua kami suka. Hanya digoreng begitu saja dan disantap dengan sambal bawang rasanya super sedap, atau dimasak balado dengan cabai segunung, atau ditumis bersama cabai dan tomat hijau. Nah yang terakhir ini adalah menu favorit kami sekeluarga karena rasanya yang asin, asam, pedas membuat secuil ikan sambal ini sudah mampu membuat nasi sepiring lenyap. Untuk resep ikan tumis cabai hijau ini bisa anda klik pada link disini. Terkadang Ibu juga memasak ikan pindang goreng dalam kuah santan, seperti resep pucuk labu masak lemak, link resep disini ya. Santan kental nan pedas sangat pas beradu dengan ikan yang digoreng setengah matang. Ah ngiler saya membayangkannya! ^_^

Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol JTT

Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol JTT

Ada masa di waktu tertentu dimana ikan pindang tongkol hadir di pasar dalam jumlah yang sangat banyak. Harganya murah dan kondisi ikan juga terlihat bersih dan segar. Saat-saat seperti ini biasanya Ibu justru mengerem diri untuk tidak membelinya. Kami pernah punya pengalaman buruk dengan pindang ikan tongkol, apalagi jika bukan karena keracunan ikan. Kepala pusing, mata berkunang-kunang, badan panas demam dan muka yang terasa panas dan memerah adalah tanda-tanda utamanya. Reaksinya sangat cepat, biasanya beberapa menit setelah menyantapnya maka tanda-tanda keracunan tersebut akan segera menyerang. Biasanya jika ini terjadi maka Ibu akan segera pergi ke pasar membeli air kelapa sebanyak-banyaknya. Air kelapa (apapun jenisnya) adalah senjata ampuh untuk menangkal keracunan ikan tongkol, dalam beberapa menit maka racun akan menghilang dan tubuh pun kembali normal. 

Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol JTT

Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol JTT

Kembali ke pindang ikan tongkol yang kali ini saya posting. Membuat ikan pindang sendiri ternyata sangat mudah dan rasanya pun tak kalah sedapnya. Ikan pindang pada dasarnya hanyalah ikan yang direbus atau dikukus dalam bumbu-bumbu dan garam hingga tekstur ikan menjadi lunak dan rasanya lebih gurih dan awet. Ikan tongkol merupakan jenis ikan yang paling tepat untuk dipindang, tekstur ikan ini keras dengan serat daging yang kasar sehingga tidak hancur ketika direbus dalam waktu yang lama. Biasanya jika membeli tongkol segar dimana ikan diolah dengan cara digoreng maka saya menghindar menggoreng ikan terlalu lama. Semakin lama digoreng maka ikan akan semakin keras. Namun jika dimasak dalam hidangan berkuah maka tekstur dagingnya menjadi lembut. 

Untuk membuat pindang ikan tongkol saya menggunakan slow cookerPanci serba guna ini memang mantap untuk memasak makanan dalam waktu yang lama tanpa membuat makanan menjadi rusak. Saya memasukkan ikan dan semua bumbu ke dalam panci, merebusnya di posisi ‘high’ selama 6 jam lamanya. Hasilnya adalah ikan yang sangat gurih dan lembut seratnya. Bahkan disantap begitu saja dengan nasi panas telah terasa sedap.  Asyiknya lagi, merebus ikan dengan slow cooker membuat duri-duri ikan tongkol yang cukup besar ukurannya berubah teksturnya menjadi sangat lunak sehingga bisa disantap hingga tuntas. Tidak memiliki slow cooker? Pindang ikan bisa dibuat dengan menggunakan panci biasa dan rebus ikan dengan api kecil hingga air habis atau jika ingin ikan cepat empuk dengan mudah hingga ke tulang maka merebusnya di dalam pressure cooker juga disarankan. Rebus ikan dalam panci presto selama 1 hingga 1.5 jam lamanya dengan menggunakan api kecil.

Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol JTT

Bumbu pindang ikan sebenarnya relatif simple, bumbu dasarnya adalah garam, bawang putih dan bawang merah. Namun agar aromanya lebih harum dan rasanya lebih sedap maka saya menambahkan aneka rempah-rempah lainnya seperti lengkuas, serai, jahe, daun salam dan daun jeruk. Selain itu sedikit air asam Jawa dan gula jawa akan membuat rasanya lebih gurih. Untuk tingkat keasinannya saya kembalikan ke selera masing-masing, tapi karena ikan akan saya simpan di chiller maka takaran garam yang saya berikan tidak terlalu banyak. Ikan di dalam chiller awet hingga 1 minggu lamanya, atau bekukan di freezer untuk jangka waktu simpan yang lebih lama. 

Ikan yang sudah terpindang sedap diolah menjadi makanan lainnya misalnya digoreng, disambal atau ditumis bersama cabai hijau dan dimasak kuah nyemek-nyemek seperti dalam masakan mangut. Hmm, mantap!

Berikut resep dan prosesnya ya. 

Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol JTT

Resep Homemade Pindang Tongkol

Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 ekor ikan tongkol masing-masing seberat 350 gram

Resep apa yang paling pas untuk mengolah pindang ikan tongkol? Coba klik link di bawah ini:
Ikan Tongkol Masak Rica-Rica
Ikan Tongkol Masak Woku Belanga
Tongkol Panggang dengan Air Asam 

Bahan:

– 4 ekor ikan tongkol, berat sekitar 1,5 kg + 1 buah jeruk nipis + 1 sendok makan garam

5 cm lengkuas, iris tipis

– 2 batang serai, ambil bagian putihnya saja dan iris serong tipis
– 2 cm jahe, iris tipis

– 6 lembar daun salam

5 lembar daun jeruk


Bumbu dihaluskan:

– 6 siung bawang putih

5 siung bawang merah

– 1 sendok makan ketumbar sangrai

Bahan dan bumbu  lainnya:
– 2 sendok teh gula jawa sisir
1/2 sendok makan garam + 1 sendok teh garam (atau sesuaikan rasa asin dengan selera)
– 2 sendok makan air asam jawa 

– air hingga ikan terendam (air kelapa lebih sedap)

Cara membuat:

Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol JTT

Siapkan ikan tongkol, siangi ikan. Buang insang dan isi perutnya. Cuci hingga bersih dann gosok bagian tengah perut ikan (dekat dengan tulang tengahnya), biasanya berwarna kemerahan dan seperti gumpalan darah beku. Jika terdapat telur ikan, cuci bersih telur dan kembalikan ke dalam rongga perut ikan. 

Perciki ikan dengan air jeruk nipis dan garam dapur. Remas-remas dan diamkan 20 menit di dalam kulkas. Cuci hingga bersih. 

Siapkan mangkuk, masukkan semua bumbu halus, gula, garam, air asam jawa dan 500 ml air. Aduk rata hingga gula dan garam larut. Sisihkan. 

Siapkan semua bumbu iris dan panci slow cooker. Taburi 1/4 bagian bumbu iris di dasar panci. Tata ikan berselang-seling dengan taburan sisa bumbu iris, hingga semua ikan dan bumbu masuk ke panci.  

Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol JTT

Tuangkan air berbumbu ke dalam slow cooker, jika ikan tidak terendam air tambahkan air kembali hingga permukaan air menutup ikan. Jangan berlebihan menambahkan air, ikan akan menyusut ketika direbus di dalam slow cooker. 

Set slow cooker di posisi ‘high’ dan masak ikan selama 6 jam. Saya tetap mendiamkan ikan di dalam slow cooker, tetapi panci saya set di posisi ‘warm’ selama semalam. Hasilnya duri ikan lunak seperti di presto. Anda bisa skip proses ini karena ikan sudah empuk ketika direbus selama 6 jam di slow cooker. 

Jika menggunakan panci biasa, masukkan ikan dan semua bumbu. Tuangkan air hingga ikan terendam dan rebus dengan api kecil hingga air habis. Jika menggunakan panci presto (pressure cooker) masukkan ikan dan semua bumbu, tuangkan air hingga ikan terendam. Rebus ikan dengan api besar hingga panci mengeluarkan suara desisan pertama, kecilkan api sampai benar-benar kecil dan rebus ikan selama 1 – 1.5 jam

Ikan siap diolah menjadi lauk lainnya. Super yummy!

Lihat juga:   Cara Membuat Puding Roti Marble Coklat Lembut


Resep Homemade Pindang Ikan Tongkol, Sumber Resep: http://www.justtryandtaste.com/2015/12/homemade-pindang-tongkol-JTT.html

Add Comment