Resep Cara Membuat Semur Jengkol Empuk Anti Bau

Resep Cara Membuat Semur Jengkol Empuk Anti Bau – Banyak orang yang menyukai semur jenkol namun juga banyak yang membencinya. Alasannya karena memang bau menyengat saat selesai dimakan. Namun bagi yang suka dengan semur jengkol makanpun akan terasa lebih lezat. Bagi yang suka dengan semur jengkol akan dihadirkan resep cara membuat semur jengkol empuk anti bau. Langsung dicoba ya resep semur jengkol ini. Mudah kok cara membuat semur jengkol.

Bagi yang suka dengan semur jengkol namun terkendala dengan rutinitas ada jalan kelurnya. Memang bau dari semur jengkol sangat menyengat jika kita berbicara. Agar tidak bau maka ambillah sekitar 3 butir beras saat selesai makan semur jengkol. Kemudian kuyah beberapa saat lalu buang hasil kunyahan. Dijamin bau semur jengkol akan berkurang. Jika masih ada silahkan sikat gigi.

Resep Semur Jengkol

Bahan:

  • 1/4 kg Jengkol, pilih jengkol yang sudah tua
  • 1/2 Butir kelapa, menjadi 1 liter santan
  • Kecap, secukupnya

Bumbu (dihaluskan)

  • 5 Cabai Merah
  • 5 Bawag Merah
  • 3 Bawang Putih
  • 4 Kemiri
  • 1/2 cm Kencur
  • 1 cm Lengkuas

Cara Membuat Semur Jengkol

  1. Tuangkan air kedalam tempat perebusan bersamaan dengan jengkol. Usahakan air diatas jengkol agar perebusan dapat maksimal. Gunakan api sedang untuk merebus. Tunggu sebentar lalu angkat.
  2. Bersihkan kulitnya. Jika susah kerok menggunakan pisau.
  3. Belah jengkol menjadi 2 bagian. Pukul-pukul agar saat matang bisa lebih empuk.
  4. Panaskan minyak dengan api sedang lalu aduk-aduk hingga tercium bau harum.
  5. Tuangkan santan sedikit-demi sedikit sambil mengaduk agar bumbu merata dengan santan.
  6. Tuangkan kecap. Aduk lagi.
  7. Masukkan jengkol lalu tutup wadah perebusan. Tunggu hingga jengkol empuk dan santan agak kental. Angkat.

Panduan resep cara membuat semur jengkol empuk anti bau sudah selesai. Yuk mari tinggal dipraktekkan resep semur jengkol nikmat ini. Sekian dulu ya panduan cara membuat semur jengkol. Semoga semur jengkol buatan anda juga nikmat. Salam sukses dalam penglahan semur jengkolnya.

Lihat juga:   Resep Kue Donat Kentang Kari

Resep Cara Membuat Semur Jengkol Empuk Anti Bau, Sumber Resep dan gambar: http://www.resepbuat.com/2014/03/resep-cara-membuat-semur-jengkol-empuk.html

Add Comment