Resep cara membuat kerupuk mawar rasa bawang yang gurih, enak, dan renyah

halo sista, kali ini kami suguhkan “Resep cara membuat kerupuk mawar rasa bawang yang gurih, enak, dan renyah”. kami harap resep ini dapat bermanfaat untuk bunda yang hobi memasak. jangan lupa share Resep cara membuat kerupuk mawar rasa bawang yang gurih, enak, dan renyah ke teman sista ya.


Resep cara membuat kerupuk mawar rasa bawang yang gurih, enak, dan renyah. Kerupuk mawar adalah kerupuk yang sudah sangat terkenal dan bisa dibilang kerupuk yang sudah melegenda karena sudah ada sejak zaman dulu. Kerupuk mawar merupakan salah satu jenis kerupuk yang sangat cocok dimakan sebagai lauk pelengkap saat memakan nasi. selain rasanya yang enak, dan gurih, rasa khas kerupuk ini bisa membuat selera makan kita bertambah. Diberbagai daerah kerupuk mawar ini memiliki beberapa nama sebutan tersendiri seperti ada yang menyebutnya kerupuk uyel karena bentuknya keriting, ada yang menyebutnya kerupuk blek (black) karena biasa dijual didalam wadah kaleng seng (blek), dan ada juga yang menyebutnya kerupuk putih karena berwarna putih. Sedangkan kerupuk ini diberi sebutan mawar itu sendiri karena bentuknya yang mirip seperti bunga mawar. http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/06/resep-membuat-kerupuk-mawar.html
Sebenarnya kerupuk mawar/ blek ini sangat mudah kita dapatkan di warung-warung makan, warung kelontong, pasar tradisional atau di toko-toko kecil di kampung. Namun bagi anda yang penasaran ingin mencoba untuk membuatnya sendiri dan sedang mencari informasi tentang resep dan cara untuk membuat kerupuk mawar rasa bawang ini. Berikut kami berikan resepnya dan cara membuat kerupuk mawar untuk anda. selamat mencoba!
Bahan-bahan untuk membuat kerupuk mawar rasa bawang:

  • Tepung tapioka 500 gram 
  • Tepung terigu 50 gram
  • Gula pasir 10 gram
  • Bawang putih 10 gram
  • Garam dapur 20 gram
  • Air bersih sekitar 125  ml atau secukupnya
  • Penyedap rasa sesuai selera.
Lihat juga:   CARA MEMBUAT SOTO SOKARAJA PURWOKERTO

Cara membuat kerupuk mawar rasa bawang yang enak, dan gurih:

  1. Pertama-tama, haluskan bawang putih, kemudian goreng, lalu dinginkan. 
  2. Campurkan bawang putih tersebut dengan bumbu-bumbu lainnya seperti gula pasir, garam, dan penyedap rasa.
  3. Selanjutnya campur rata kedua jenis tepung diatas, kemudian masukkan bumbu-bumbu yang tadi kedalam tepung, lalu tuangkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk-aduk atau uleni hingga adonan tercampur rata.
  4. Langkah selanjutnya, membentuk adonan tersebut menjadi seperti bunga mawar. Caranya masukkan adonan ke dalam kertas yang berbentuk kerucut, kemudian buat lubang kecil diujungnya. Lalu semprotkan adonan tersebut perlahan-lahan dengan bentuk melingkar sehingga membentuk seperti bunga mawar.
  5. Kemudian kukus adonan kerupuk yang telah dicetak tersebut kurang lebih selama 15-20 menit.
  6. Jemur kerupuk dibawah terik matahari langsung hingga benar-benar kering agar hasil kerupuk nantinya bisa mengembang dengan sempurna.
  7. Apabila kerupuk sudah kering, kerupuk mawar tersebut sudah siap untuk digoreng. Goreng kerupuk mawar tersebut hingga matang dan tiriskan.
  8. Kerupuk mawar yang gurih, enak, dan lezat sudah siap untuk disantap langsung atau dinikmati sebagai lauk pelengkap ssaat makan nasi.

Demikianlah resep cara membuat kerupuk mawar rasa bawang yang gurih, enak, dan renyah. Bagaimana cukup mudah kan? Semoga artikelnya bermanfaat, baca juga “cara membuat kerupuk samiler yang gurih”.
Sumber resep & gambar: http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/06/resep-membuat-kerupuk-mawar.html

Add Comment