Resep cara membuat kerupuk kentang yang enak, gurih, dan renyah

hallo bun, pada kesempatan kali ini kami akan bagikan “Resep cara membuat kerupuk kentang yang enak, gurih, dan renyah”. harapan kami resep ini dapat bermanfaat untuk bunda yang hobi memasak. jangan lupa bagikan Resep cara membuat kerupuk kentang yang enak, gurih, dan renyah ke teman kamu ya.


Resep cara membuat kerupuk kentang yang enak, gurih, dan renyah. Jika pada artikel sebelumnya sudah diberikan resep cara membuat keripik dari bahan kentang. Pada artikel kali ini akan kami share bagaimana menggunakan bahan kentang tersebut menjadi sebuah kerupuk. Kerupuk kentang, mungkin masih banyak orang yang belum mengenal atau tahu kalau kentang bisa dijadikan sebagai kerupuk. Meskipun kerupuk kentang tidak begitu terkenal seperti keripik kentang, namun kerupuk kentang memiliki rasa yang tidak kalah enaknya dengan keripik kentang. Selain itu meskipun kerupuk kentang tidak segurih atau serenyah keripik kentang, namun kerupuk kentang juga mempunyai kelebihan tersendiri, tekstur dari kerupuk kentang yang empuk akan membuat sensasi gurihnya khas dan tidak berlebih, sehingga memberikan rasa enak dan membuat orang yang memakannya akan begitu menikmati atau bahkan ketagihan. http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/06/cara-membuat-kerupuk-kentang.html
Untuk mendapatkan kerupuk kentang memang agak sulit, karena penjual kerupuk kentang tidak sebanyak penjual keripik kentang, namun kerupuk kentang ini biasanya dengan mudah kita bisa temukan pada menu makanan khas sunda jawa barat. Bagi kalian yang sedang mencari informasi mengenai cara membuat kerupuk kentang ini, jangan khawatir, berikut kami berikan resep dan cara membuat kerupuk kentang yang enak, gurih, dan renyah:
Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat kerupuk kentang:

  • 1 kg kentang 
  • 1 kg tepung sagu
  • 1 ons bawang putih
  • Garam secukupnya
  • Pewarna makanan secukupnya (bila menginginkan kerupuk dengan warna-warni)
Lihat juga:   Cara Membuat Resep Carioca Enak ( Galapong )

Cara membuat kerupuk kentang:

  1. Pertama-tama, rebus kentang hingga matang. Angkat dan tiriskan. Lalu kupas kulit kentang tersebut. Kemudian haluskan 
  2. Setelah itu buat adonan dengan mencampurkan kentang yang telah dihaluskan tadi dengan bahan-bahan lainnya seperti tepung sagu, bawang putih, dan garam, lalu aduk-aduk hingga merata.
  3. Bila anda menginginkan kerupuk dengan kaya warna. Pisahkan adonan menjadi beberapa atau 4 bagian. Lalu beri setiap adonan dengan pewarna makanan yang berbeda-beda.
  4. Kemudian pipihkan adonan dengan menggilingnya hingga pipih sekitar 0,5 cm untuk tiap adonannya. Bila sudah menjadi pipih, tumpuklah keempat adonan tersebut dan menjadi lonjong yang memanjang, dengan panjangnya per satu jengkal.
  5. Lalu kukus selama 30 menit. Kemudian angkat, dinginkan, dan potong atau iris menjadi tipis-tipis.
  6. Jemur kerupuk kentang tersebut hingga benar-benar kering dibawah terik matahari.
  7. Bila sudah kering, panaskan minyak, dan goreng kerupuk kentang tersebut hingga matang.
  8. Kerupuk kentang yang enak, gurih, dan renyah sudah siap untuk dimakan atau disimpan ke dalam wadah yang kedap udara agar tetap gurih dan tidak melempem.

Demikianlah resep cara membuat kerupuk kentang yang enak, gurih, dan renyah. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba. Baca juga “cara membuat keripik kentang”dan “cara membuat keripik gadung“.

Sumber: tips dan cara membuat
Sumber resep & gambar: http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/06/cara-membuat-kerupuk-kentang.html

Add Comment