Resep Cara Membuat Bolu Kukus Unik Nikmat

Resep Cara Membuat Bolu Kukus Unik Nikmat – Resep cara membuat bolu ada beraneka macam pilihan, yang paling empuk adalah bolu kukus. Makanan satu ini masuk diantara jenis roti yang dibuat dengan cara dikukus. Bolu kukus sangat lembut dan banyak mengandung vitamin yang dibutuhkan tubuh, salah satun khasiat bolu kukus adalah tinggi protein. Karena memang bahan bolu kukus adalah telur dan tepung. Bukan hanya dijadikan camilan, bolu kukus juga biasa disantap untuk makanan penutup. Entar bakal ada resep bolu kukus yang bisa dibuat dirumah sendiri.

Sebenarnaya cukup mudah membuat resep bolu kukus. Tiggal sejauh mana anda megerti tentang cara membuat roti ataupun kue. Pembuatan bolu kukus juga sangat mudah seperti layaknya resep cara membuat bakpao empuk. Cukup banyak juga jenis rasa yang disuguhkan untuk memberi rasa nikmat lebih pada bolu kukus. Paling banyak adalah rasa coklat namun yang akan bahas adalah bolu kukus isi daging.

Resep Bolu Kukus
Nikmatnya Bolu Kukus Cinta

Rasa bolu kukus kali ini sangat jarang ditemukan karena memang jarang ada yang bisa memasaknya. Namun saya pastikan gizinya lebih bagus dibanding bolu kukus lainnya. Bolu kukus daging juga lebih nikmat namun jika dimakan terlalu menerus akan terasa eneg. Bukan karena dagingnya namun lebih ke penggunaan telur. Semua bolu kukus juga begitu. Dilihat langsung dach resep bolu kukusnya.

Resep Bolu Kukus

Bahan Isi:

  • 2 sendok teh Margarine
  • 1 bawang Putih, tumbuk halus
  • 1 Bawang Bombay, iris kasar
  • 50 gram Daging Sapi, cincang halus
  • 1/2 sendok teh Serbuk Curry/Keri
  • 2 sendok teh Saus Tiram
  • 2 sendok makan Air
  • Merica secukupnya
  • 1/2 sendok teh Garam

Bahan Bolu

  • 2 Telur
  • 250 gram Gula Pasir, haluskan
  • 80 cc air (I)
  • 200 gram Tepung Terigu
  • 50 cc air matang (II)
  • 1/2 sendok teh Vanila
Lihat juga:   Resep Dan Cara Membuat Mocktail Apple Cooler Segar Mantap

Cara Membuat Isi Bolu Kukus

  1. Goreng bawang putih dan bombay menggunakan margarin hingga kecoklatan.
  2. Jika sudah tuangkan semua bahan isi ke dalam tumisan bawang.
  3. Goreng terus dan sesekali aduk sampai dagingnya matang.
  4. Pisahkan jadi 12 bagian.

Cara Membuat Bolu Kukus

  1. Siapkan wadah, tuangkan telur lalu campukan dengan gula pasir halus. Kocok lepas, gunakan mixer agar lebih cepat. Jika menggunakan mixer cukup 4 menit.
  2. Tuangkan air lalu mixer kembali 4 menit.
  3. Anyak tepung terigu lalu masukkan. Aduk hingga rata atau sampai kalis.
  4. Tuangkan air II bersamaan dengan vanili. Aduk-aduk lagi 4 menit.
  5. Bagi adonan menjadi 2 bagian. Nantinya untuk bagian bawah dan bagian atas. Tengahnya adalah isi daging.
  6. Ambil cetakan bolu lalu tuangkan adonan pertama, ratakan. Tuangkan isi daging diatasnya, ratakan. Tuang adonan ke dua diatas isi daging, ratakan kembali.
  7. Didihkan air lalu kukus bolu sampai matang. Angkat kemudian potong-potong sesuai selera anda. Kalau saya biasanya 5×5 cm
  8. Bolu kukus siap dimakan selagi hangat.

Tips Membuat Bolu Kukus

Pilih daging yang tidak berurat ataupun berlemak karena akan membuat bolu kukus cepat berbabu dan juga daging berurat berdampak pada tekstur bolu kukus tidak empuk lagi.

Hal terpenting lainnya adalah pemilihan tepung yang baik, gunakan saja yang protein sedang. Selain itu jangan yang menggumpal ya, pilih tepung halus. Kalau sudah terlanjur dibeli, ayak saja jadi akan didapatkan tepung yang halus.

Cobain resep nastar yuk, klik disini: Resep cara membuat kue nastar empuk

Mudah bin gampang dach pkoknya bikib resep bolu kukus. Cukup sekian dan terima kasih buat sahabat semua yang suka sama bolu kukus. Sekian para penikmat bolu kukus.. Byeee…

Lihat juga:   Cara Membuat Bika Ambon 3 Telur Saja

Resep Cara Membuat Bolu Kukus Unik Nikmat, Sumber Resep dan gambar: http://www.resepbuat.com/2014/03/resep-cara-membuat-bolu-kukus-unik.html

    Add Comment