Resep Cake Chiffon Ketan Hitam

resep cake chiffon ketan hitam yang sedap dan mudah


Kucing liar di komplek perumahan saya memang luar biasa banyaknya, dan sepertinya inilah resikonya jika memiliki rumah di dekat pasar tradisional. Setiap malam raungan kucing yang sedang adu jotos kerap mewarnai tidur saya, bahkan baru saja tadi malam saya terbangun di jam dua pagi karena terganggu dengan dua ekor kucing yang sedang asyik bertempur. Terpaksa saya pun keluar rumah, dan sepasang sandal kayu buluk yang sering dipakai Heni untuk berkebun saya lemparkan ke kedua makhluk itu. 


Pagi harinya saya pun disemprot asisten saya ini, “Bu, tadi malam Ibu melempar sandal ke tanaman labu ya? Itu tanaman batangnya jadi patah-patah”. Sambil menggaruk-garuk kepala yang tiba-tiba menjadi gatal saya pun berkata, “Targetnya sih bukan tanaman labu, tapi kucing yang sedang berantem. Tapi kalau malah kena tanamannya sih ya maaf dah.”


resep cake chiffon ketan hitam yang sedap dan mudah

resep cake chiffon ketan hitam yang sedap dan mudah




Cerita di atas bukanlah insiden satu-satunya saya dengan kucing-kucing liar. Sudah
satu bulan ini lantai atas rumah Pete kemasukan kucing sebanyak tiga
kali. Memang lantai atas merupakan dak terbuka yang dikelilingi dengan
tembok setinggi tiga meter sehingga ketika seekor kucing masuk maka
alamat makhluk malang itu pun tidak akan bisa meloncat keluar.  Korban
pertama adalah seekor Alpha male yang gendut dengan kepala besar.
Matanya yang melotot dan bersinar seperti lampu seratus watt, plus desisan garang ketika kami mendekat membuat
saya dan Heni loncat pontang-panting melarikan diri. 



Terus terang untuk urusan kucing dan sejenisnya maka keberanian saya sama seperti Fatih, keponakan saya yang berusia sembilan tahun. Saat usia empat tahun Fatih mengalami trauma berat dengan kucing karena pernah dicakar hewan peliharaannya sendiri. Sejak itu setiap kali melihat kucing melintas walaupun bermeter-meter jauhnya tetap saja membuat bocah itu berteriak-teriak histeris sambil mendekap tubuh Ibunya, “Ibu, itu Bu, kucing Bu! Usir Bu”!

resep cake chiffon ketan hitam yang sedap dan mudah
Soft peak
resep cake chiffon ketan hitam yang sedap dan mudah
Stiff peak



Berhubung karena kucing gendut ini susah sekali diajak bekerjasama, dan lebih suka mengulurkan kelima cakarnya yang tajam setiap kali saya hendak menjepit tengkuknya maka terpaksa kami mendiamkannya disana hingga sedikit lemas. Memang terdengar kejam, tapi saya dan Heni sudah kehabisan akal bagaimana menangkapnya. Akhir cerita kucing jantan itu berhasil ditangkap dan dilepaskan kembali ke jalan raya, tentu saja setelah dua hari sukses mendekam di lantai atas hingga loyo.


Kucing kedua adalah kucing kecil yang super garang, jauh melebihi Uwaknya yang kemarin berhasil kami lepaskan. Baru mendekat dalam jarak dua meter saja sudah membuat si kecil ini mendesis dan memamerkan gigi-gigi vampirnya. Saya dan Heni pun harus memasang jurus kabur secepat kilat, plus barikade dari beberapa ember di depan muka, mengantisipasi jika kucing ini tiba-tiba melompat dan menerkam leher kami. Bagaimana kalau kucing ini kemudian menggigit dan menularkan virus rabies atau tokso? Berbahaya bukan? Well, okeh, mungkin itu terdengar lebay, tapi dalam situasi genting memang pikiran menjadi buthek. Nah berhubung karena saat itu terjadi di pagi hari dan saya harus buru-buru ke kantor maka Heni yang kemudian meng-handle si kucing. Sorenya saya hanya mendapatkan laporan, “Kucing berhasil di lepaskan dengan sukses ke jalan raya Bu”. Good job!

resep cake chiffon ketan hitam yang sedap dan mudah

resep cake chiffon ketan hitam yang sedap dan mudah


Cerita belum selesai dan berlanjut ke kucing ketiga dan semoga ini menjadi kucing terakhir, karena kami benar-benar sudah capek menjadi ‘cat rescuer’. Kali ini seekor kucing besar terjepit di teralis jendela lantai atas yang menghadap ke dalam rumah. Karena posisinya terjepit dan hanya kepala dan kakinya saja yang bisa bergerak-gerak pasrah maka kami pun berada di atas angin. Kali ini saya tidak mau membuang waktu lagi, berbekal sepasang sarung tangan karet yang tebal sepanjang siku tangan, plus beberapa helai handuk untuk membuntel area muka, dan leher maka saya pun menghadapi makhluk malang itu dengan gagah berani.


“Minggir Hen, biar gue sekarang yang handle. Akan gue tunjukkan ke die siapa yang menjadi boss disini” Heni yang sedang sibuk mengetok-ketokkan sebatang kayu di teralis sambil mulutnya mengeluarkan bujukan ke kucing, tertawa ‘ngakak’ ketika melihat penampilan saya yang seperti ninja. Tanpa banyak ‘cingcong’, saya pun menjepit tengkuk si kucing, menarik tubuh gendutnya dari dalam teralis dan membawanya ke pintu gerbang rumah. Makhluk itu hanya pasrah dan mengeong-ngeong parau. Tiga pengalaman berurusan dengan kucing liar ini membuat saya sedikit lebih pe-de jika terjadi insiden berikutnya, walau begitu tetap saja saya sama sekali tidak berharap itu terjadi. Kecuali tentu saja akan lain ceritanya jika ayam tetangga yang nyasar. Ayam panggang? Ayam bacem atau ayam kecap? Hmm…. ^_^


resep cake chiffon ketan hitam yang sedap dan mudah


Kembali ke cake chiffon ketan hitam yang saya hadirkan kali ini, sudah banyak tips dan trick membuat cake chiffon yang saya bagikan di resep-resep sebelumnya. Bagi anda yang belum membacanya maka silahkan cek di resep Pandan Chiffon Cake dan Tips Sukses Membuatnya pada link disini. Semua tips itu tentu saja berlaku sama untuk cake chiffon lainnya termasuk cake chiffon dari ketan hitam kali ini. Walau sama namun tidak ada salahnya saya ulangi sedikit proses terpenting yang akan membuat kue ini sukses ketika dicoba. Poin pertama menurut saya adalah menakar bahan yang digunakan. Gunakan bahan yang disarankan di resep, timbang sesuai ukuran yang telah ditentukan, gunakan jumlah telur dengan benar dan ikuti instruksi yang diberikan dengan seksama. 


Poin kedua adalah kocoklah putih telur hingga tercapai hard peaks, atau puncak yang kaku. Tampilan hard peaks bisa dilihat pada gambar yang saya berikan di atas. Kita bisa menggunakan mikser tangan biasa, heavy duty, atau mengocoknya manual dengan pengocok spiral, selama puncak yang kaku itu bisa terbentuk maka cara apapun sah-sah saja digunakan. Saya sendiri menggunakan hand mixer Phillips yang sudah lima tahun saya gunakan, dan so far hasilnya baik-baik saja. Nah untuk memastikan apakah puncak kaku itu benar-benar telah terbentuk maka matikan mikser beberapa kali, angkat alat pengocok dan cek ujung kocokan yang terbentuk. Kita mungkin harus mengeceknya beberapa kali, dan memang terkesan ribet, tetapi lebih baik sedikit ribet dibandingkan cake menjadi gagal atau tidak sesuai keinginan.

resep cake chiffon ketan hitam yang sedap dan mudah



Poin penting lainnya adalah saat mengaduk dan mencampur adonan dasar dengan kocokan putih telur. Ini termasuk poin yang sangat kritis karena kita harus berusaha menghindari busa putih telur mengempis sebanyak mungkin. Gunakan teknik aduk balik saat mencampurnya, jangan mengaduknya searah jarum jam, atau teknik lainnya. Iris adonan dengan spatula dan balikkan seperti tukang bangunan sedang membalikkan adonan semen dengan pasir. Lakukan dengan gerakan lembut, perlahan dan jangan over mixing. 



Hal penting lainnya adalah saat pemanggangan, cake chiffon biasanya akan membumbung tinggi kala dipanggang. Nah masalah biasanya akan terjadi ketika langit-langit oven pendek sehingga permukan cake menyentuhnya dan membuatnya menjadi gosong. Biasanya kita cenderung untuk buru-buru mengeluarkan loyang cake dari oven, padahal belum tentu cake telah matang. Saran saja, cek seksama bagian tengah cake dengan tusuk sate yang panjang hingga tusuk sate menyentuh dasar loyang, ketika tusuk sate terlihat bersih, bebas remah yang menempel maka cake telah matang. Jika masih ada remah yang menempel maka lanjutkan memanggang hingga benar-benar matang, tidak usah perdulikan permukaan cake yang semakin kecoklatan dan gosong, bagian ini bisa kita hilangkan dengan mengirisnya menggunakan pisau ketika cake telah dingin. Cake chiffon biasanya disajikan dengan bagian dasar berada diatas, jadi tak perlu khawatir jika permukaan cake yang anda buat sedikit gosong.


Tips selebihnya bisa anda baca pada link cake chiffon pandan yang saya berikan diatas. Berikut resep dan proses cake chiffon ketan hitam dan tak lupa saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan bagi mereka yang menjalankannya, mohon maaf lahir dan batin.  Semoga ibadah kita tahun ini diterima oleh Allah SWT. Amin!  



resep cake chiffon ketan hitam yang sedap dan mudah



Resep Cake Chiffon Ketan Hitam

Resep diadaptasikan dari blog Table for 2 or More – Black Glutinous Rice Chiffon


Untuk 1 cake dengan loyang diamater 25 cm


Tertarik dengan cake chiffon lainnya? Klik link berikut ini:
Cake Chiffon Jeruk
Cream Cheese Chiffon Cake
Banana Chiffon Cake


Bahan dasar:
– 67  gram tepung ketan hitam, gunakan yang berkualitas baik agar tidak apak aromanya
– 33 gram tepung terigu protein rendah *)
– 1 sendok teh baking powder double acting
– 35 gram gula pasir
– 1/3 sendok teh garam 
– 5 buah kuning telur
– 30 gram minyak sayur
– 100 gram santan kental
– 1 sendok teh vanilla extract atau 1/2 sendok teh vanilla essence atau 1/4 sendok teh vanilli bubuk


Bahan meringue:
– 5 buah putih telur
– 85 gram gula bubuk (blender gula pasir hingga halus) **)
– 1/3 sendok teh cream of tartar ***)


*
Gunakan tepung terigu protein rendah yang diperuntukkan untuk cake atau
kue kering. Jika anda hanya memiliki tepung terigu serba guna (protein
sedang) maka anda bisa mencampurkannya dengan tepung maizena untuk
mengurangi kadar glutennya. Campurkan
180 gram tepung terigu serba guna dengan 45 gram tepung maizena dan ambil sebanyak resep.

Lihat juga:   RESEP KUE RAINBOW COOKIES ENAK

**) Gula bubuk bisa dibuat sendiri dengan menghaluskan gula pasir biasa dengan menggunakan blender dry mill atau coffee grinder hingga halus seperti tepung.


****) Cream
of tartar
berbentuk tepung putih, memiliki sifat asam dan berfungsi
untuk menstabilkan kocokan putih telur dan mampu membuat kocokan tetap
bertahan dengan baik. Cream of tartar terbuat dari kerak yang terbentuk
dalam proses pembuatan minuman anggur atau wine. Walau sudah tidak
mengandung alkohol namun beberapa masih meragukan kehalalannya, jadi
penggunaannya saya kembalikan ke kepercayaan anda masing-masing. Jika
anda merasa tidak ingin memasukkannya ke dalam kocokan putih telur maka
skip saja bahan ini atau anda bisa menggantikannya dengan 1/2 sendok
makan air jeruk nipis.

Baca artikel saya mengenai baking powder double acting di Bagian
I: Mengenal Baking Powder, Baking Soda, Cream of Tartar, Cake
Emulsifier & Ragi Roti – Baking Powder & Baking Soda
 


Dan mengenai cream of tartar di Bagian II: Mengenal Baking Powder, Baking Soda, Cream of Tartar,  Cake Emulsifier dan Ragi Roti 


Cara membuat:
Persiapan


resep cake chiffon ketan hitam yang sedap dan mudah


Pisahkan putih telur dari kuningnya ketika telur masih dalam kondisi dingin (baru saja keluar dari chiller kulkas).
Kondisi dingin membuat telur mengental dan keras sehingga mencegah
kuning mudah pecah saat dipisahkan. Letakkan putih dan kuning telur pada
dua buah wadah yang terpisah. Pastikan wadah untuk putih telur bersih,
bebas lemak dan jaga jangan sampai ada kuning telur pecah yang menetes
di putih telur. Sedikit lemak apapun bentuknya akan membuat putih telur
anda tidak akan kaku kala dikocok. Tutup wadah dengan plastik wrap atau
penutup lainnya dan diamkan selama 30 menit agar kembali ke suhu ruang.

Lihat juga:   Resep Masakan MAPO TOFU DAGING

Siapkan
oven, set di suhu 170’C api atas dan bawah. Jika oven anda pendek maka
letakkan rak pemanggang di bagian paling bawah, tapi jika oven anda
cukup tinggi letakkan di tengah. Pastikan permukaan loyang cake yang
tinggi tidak bersentuhan dengan langit-langit oven.

Siapkan
loyang bongkar pasang khusus untuk chiffon, diameter 25 cm. Biasanya
berbentuk bulat dengan lubang di tengah yang bisa dilepas. Ada yang
memiliki kaki untuk tempat berdiri kala cake di balikkan ketika telah
matang, ada yang tidak (seperti yang saya gunakan). Biarkan loyang dalam
kondisi bersih, bebas lemak, jangan mengolesinya dengan apapun atau
mengalasinya dengan kertas baking. Sisihkan.  


Membuat adonan dasar 

resep cake chiffon ketan hitam yang sedap dan mudah



Siapkan
mangkuk yang besar, masukkan tepung ketan hitam, tepung terigu dan baking powder dengan cara diayak langsung ke dalam mangkuk. Tambahkan garam dan gula pasir. Kocok dengan mikser menggunakan speed rendah (anda bisa menggunakan standing mixer atau hand mixer) hingga tercampur baik (sekitar 30 – 40 detik).



Buat
sumur di tengah tepung, masukkan kuning telur, minyak sayur,  vanilla ekstrak dan santan. Kocok dengan speed sedang hingga tercampur dengan baik, kira-kira selama 1 menit. Jangan
lupa untuk membersihkan sisi-sisi mangkuk dengan spatula dari adonan yang menempel dan campurkan
dengan adonan yang dimikser. Matikan mikser, cuci hingga bersih
pengocoknya dengan air sabun dan keringkan. Kita akan menggunakannya
untuk mengocok putih telur.  



Membuat meringue

resep cake chiffon ketan hitam yang sedap dan mudah

resep cake chiffon ketan hitam yang sedap dan mudah



Siapkan
mangkuk besar, pastikan bersih dan bebas lemak. Tuangkan putih telur. Kocok dengan speed sedang hingga tampak berbusa besar (sekitar 30 detik), taburkan cream of tartar di permukaannya (jika pakai). Kemudian lanjutkan mengocok dengan speed tinggi hingga putih telur terbentuk soft peaks (ketika alat pengocok diangkat maka ujung kocokan putih telur tampak membentuk puncak yang lemas, terkulai ke satu sisi.
 

Taburkan gula bubuk dalam 2 tahap dan lanjutkan mengocok dengan speed tinggi hingga terbentuk stiff peaks (puncak kaku), ketika alat pengocok diangkat maka kocokan tampak membentuk puncak
yang kaku, tidak terkulai sama sekali.  Pada kondisi ini kocokan putih
telur tampak terlihat glossy (mengkilap), opaque
(tidak transparan) dan sangat
kaku. Untuk mengetesnya, maka matikan beberapa kali mikser dan angkat
pengocok jika ujung kocokan putih telur masih terkulai maka lanjutkan
kembali.

Note: jika stiff peaks
sudah tercapai segera hentikan mengocok. Melanjutkannya terus akan
membuat putih telur pecah, terpisah antara air dengan material
penyusunnya dan tidak bisa dipergunakan kembali.

Mencampur adonan (folding)

resep cake chiffon ketan hitam yang sedap dan mudah



Ambil
sesendok besar kocokan putih telur, masukkan ke dalam campuran adonan
dasar, aduk perlahan dengan menggunakan spatula dengan menggunakan
teknik aduk balik (folding). Lakukan proses mengaduk dengan gerakan lembut
dan perlahan hingga konsistensi adonan dasar menjadi tidak terlalu
kental. Proses ini untuk memudahkan kita mencampurkan sisa putih telur
ke dalam adonan.  



Kemudian
masukkan sisa meringue ke dalam adonan dalam 3 tahapan (jangan
memasukkan sekaligus semua kocokan putih telur karena akan menyulitkan
anda untuk mencampurkannya dengan baik dan memaksa anda untuk mengaduk
secara berlebihan). Usahakan agar gumpalan besar putih telur menghilang
(karena gumpalan ini tidak akan terurai kala adonan di panggang),
biarkan gumpalan adonan seukuran biji kacang tanah.  



Note: lakukan proses mengaduk dengan hati-hati untuk menjaga supaya adonan tidak kempes. 


Tuangkan adonan ke dalam loyang chiffon. Jalankan sebuah pisau  menyilang di adonan untuk membuang gelembung udara yang besar. Panggang selama 60 menit atau jika
permukaan cake tampak mulai coklat keemasan maka anda bisa mengecek
kematangannya dengan menusuk bagian terdalam cake dengan menggunakan
lidi atau tusuk sate yang panjang. Jika tidak ada adonan yang menempel,
dan lidi keluar dengan mulus maka cake telah matang. 






Keluarkan cake dari
oven dan segera balikkan cake sehingga sisi permukaan cake menghadap ke
bawah. Jika anda tidak memiliki loyang chiffon berkaki maka topanglah
loyang dengan meletakkan botol atau wadah tinggi lainnya di bagian
tengah loyang chiffon sehingga aerasi tetap baik dan uap panas segera
menghilang (jangan menelungkupkan loyang berisi cake langsung di
permukaan meja). Cake perlu didinginkan hingga benar-benar dingin,
memerlukan waktu sekitar 2 – 3 jam di dapur saya, namun ini perlu agar
cake tidak melorot saat dibalikkan. 



Note: gambar diatas saya ambil dari artikel cake chiffon pandan, hanya untuk menunjukkan bagaimana membalikkan loyang dan menopangnya dengan sebuah kaleng hingga cake mendingin.  


Ketika cake benar-benar telah
dingin, balikkan loyang dan lepaskan dengan cara menempelkan dan menjalankan sebuah
pisau tipis pada bagian tepian loyang, susuri tepian loyang dengan hati-hati agar permukaan cake mulus dan tampak coklat cantik. Tarik bagian tengah loyang hingga cake beserta dasar loyang menjadi lepas. 



Kemudian lanjutkan dengan menjalankan pisau di
bagian dasar dan tengah cake, dan balikkan cake di wadah datar
dan lepaskan dari bagian tengah loyang. Cake siap disantap begitu saja, atau dengan taburan gula bubuk diatasnya atau dengan ice cream. Super yummy!  


Resep Cake Chiffon Ketan Hitam, Sumber Resep: http://www.justtryandtaste.com/2015/06/resep-cake-chiffon-ketan-hitam.html

Add Comment