Muffin Ubi Jalar Ungu



Sudah lama sekali rasanya saya tidak membuat muffin, sejak saya merasa kue ini mudah untuk dibuat sehingga tingkat tantangan dan rasa penasarannya pun menjadi berkurang. Namun malam ini ketika sedang membereskan dapur rumah Pete yang seakan memiliki puluhan tempat rahasia berisi bahan makanan, saya baru tersadar jika ubi jalar ungu dari Paron yang di bawa oleh tante saya sejak bulan lalu masih terbengkalai dengan suksesnya di kotak anyaman rotan, bersanding dengan kentang dan sebagian bahkan telah menumbuhkan tanaman mini yang berwarna elok keunguan. Ubi jalar ungu memang kaya akan serat, tinggi kandungan vitamin A, vitamin C dan B6, hanya saja warna ungunya yang sangat pekat terkadang membuat makanan menjadi terlihat aneh. Hal inilah yang menyebabkan saya sedikit enggan untuk mengubahnya menjadi kue, cake atau roti. Tapi kali ini berbekal dengan resep muffin lainnya yang saya lihat di About.com, saya pun membawa  muffin-muffin kembali ke dapur rumah Pete. Yummy! ^_^



Umumnya resep-resep yang menggunakan ubi, talas, kentang atau labu meminta kita untuk mengukus bahan-bahan tersebut hingga lunak untuk kemudian dihaluskan. Namun untuk resep kali ini ubi jalar mentah di serut kasar dan kemudian dicampurkan ke dalam adonan. Dengan cara ini maka si muffin pun berwarna tidak terlalu ungu selayaknya purple monster di Sesame Street Show. Selain itu, ubi yang diserut kasar membuatnya menjadi mudah untuk dicampurkan ke dalam adonan muffin tanpa perlu terlalu banyak mengaduk adonan. Karena tips utama membuat muffin adalah jangan mengaduk adonan terlalu berlebihan agar muffin menjadi remah dan tidak bantat.

Anda tentu saja bisa menggunakan jenis ubi jalar lainnya yang berwarna kuning, jingga atau putih biasa. Hanya saja kandungan vitamin yang melimpah terdapat pada ubi jalar yang berwarna kuning, jingga dan ungu. Muffin ini legit, lembut, sedap dan tentunya pas sekali untuk mengganjal perut di pagi hari atau bekal camilan di kantor. Resep muffin ini memang sedikit lebih ribet dibandingkan dengan resep yang biasanya saya gunakan. Di resep ini mentega dan gula kudu dikocok dengan hand mixer hingga smooth baru kemudian telur dimasukkan satu persatu ke dalam mentega dan dikocok hingga tercampur baik. Walaupun tergoda untuk tidak menggunakan mikser karena saya paling malas mengeluarkan banyak perabotan, namun kemudian saya teringat dengan serutan ubi jalar yang padat, jadi saya pikir mengocok dengan mikser mungkin membuat adonan menjadi lebih fluffy sehingga mampu mengembang walaupun dimasukkan ubi yang berat ke dalamnya. 



Jika membuat muffin maka saya lebih suka memanggangnya langsung di loyang tanpa menggunakan kertas cup, selain karena kertas membuat adonan menjadi lengket sehingga terkadang lebih banyak remah muffin yang menempel di kertas, menurut saya kertas cup juga membuat agak sedikit ribet kala akan menyantapnya.  Muffin ini  saya bawa ke kantor dan seperti biasa habis diserbu para tester yang tidak pernah puas. Satu buah muffin cukup mengenyangkan untuk mengganjal perut di pagi hari. Hmm, berikut resepnya ya.


Muffin Ubi Jalar Ungu
Resep diadaptasikan dari web About.com, Southern Food – Sweet Potato Muffins 

Untuk + 8 – 9 buah muffin, diameter loyang + 5 cm

Bahan:
– 6 sendok makan mentega, suhu ruang
– 150 gram gula pasir
– 2 butir telur ayam, suhu ruang
– 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/2 sendok teh vanili bubuk
– 190 gram tepung terigu serba guna, ayak
– 1 1/2 sendok teh baking powder, pastikan baking powder berkualitas baik dan masih fresh
– 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
– 1/4 sendok teh pala bubuk
– 1/2 sendok teh garam
– 200 ml susu cair
– 150 – 200 gram ubi jalar ungu, serut kasar menggunakan serutan buah

Cara membuat:
Panaskan oven, set di suhu 175’C, letakkan loyang di tengah rak. Olesi loyang muffin dengan mentega dan taburi tepung, sisihkan.



Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, garam, kayu manis bubuk dan pala bubuk, aduk rata. Kocok mentega dan gula dengan speed tinggi hingga mengembang dan lembut, tambahkan telur satu persatu dan kocok dengan baik disetiap penambahan telur. Masukkan vanila ekstrak dan kocok hingga tercampur baik. Matikan mikser.

Jika anda menggunakan vanili bubuk, campurkan saat anda mengaduk bahan-bahan kering (tepung, garam, baking powder, kayu manis dan pala bubuk).

Masukkan tepung ke dalam adonan telur mentega secara bergantian dengan susu cair, sambil diaduk perlahan saja dengan spatula hingga menjadi adonan yang tercampur baik. Tambahkan ubi jalar parut, aduk rata. Tidak perlu berlebihan mengaduk, jika telah tercampur baik, hentikan proses mengaduk.



Tuangkan di loyang muffin dan panggang selama 25 – 30 menit, atau ketika lidi/tusuk gigi bersih dari adonan saat ditusukkan di bagian tengah kue maka berarti muffin telah matang.


Keluarkan dari loyang, diamkan sejenak kemudian lepaskan kue dari loyang dan dinginkan di rak kawat. Muffin siap disajikan menemani teh hangat anda. Yummy! 

Sources:
Web About.com, Southern Food – Sweet Potato Muffins
Wikipedia – Sweet Potatoes

Lihat juga:   Resep Masakan Mie Aceh


Muffin Ubi Jalar Ungu, Sumber Resep: http://www.justtryandtaste.com/2011/11/muffin-ubi-jalar-ungu.html

    Add Comment