Membuat perkedel ikan yang spongy & springy : Homemade Fishcake



Beberapa waktu yang lalu saya telah menulis artikel bagaimana membuat bakso ikan sendiri di rumah, bagi anda yang tertarik untuk membacanya silahkan klik link di sini. Nah kunci utama membuat bakso ikan yang kenyal, spongy dan springy adalah pada proses pembuatan fish paste atau pasta ikan. Walau sangat mudah namun prosesnya terbilang cukup merepotkan karena adonan ikan yang telah tercampur dengan bumbu dan bahan lainnya harus anda banting-banting di talenan hingga kalis. Proses ini terbilang ampuh karena serat-serat daging ikan menjadi menyatu, smooth dan shiny. Hasilnya ketika direbus maka bakso pun memiliki tekstur berongga dan kenyal. Makanan buatan sendiri tentu saja lebih sehat dan lebih terjamin kualitas bahan-bahan yang digunakan dan bakso ikan buatan sendiri ini sudah tentu tanpa obat bakso atau tambahan bahan kimia lainnya namun mampu memiliki tekstur yang kenyal sebagaimana bakso yang dijual di supermarket atau pasar.




Dari pasta ikan hasil banting-membanting, selain bisa diolah menjadi bakso ikan dengan cara  merebusnya, anda juga bisa membuat perkedel ikan atau fishcake. Nah yang ini saya akui lebih lezat dari versi rebusnya. Fishcake ini sebenarnya masih bersaudara dengan empek-empek Palembang ala Indonesia bedanya jika empek-empek disantap menggunakan kuah cuka maka fishcake umumnya disantap bersama dengan mie kuah atau campuran dalam masakan Chinese Food lainnya. Menurut Wikipedia, berbagai negara memiliki ragam fishcake-nya sendiri-sendiri dengan variasi yang berbeda-beda. Variasi yang tercipta tergantung pada bahan-bahan yang digunakan seperti jenis ikan, seberapa halus ikan dilumatkan, penggunaan susu cair atau air biasa, apakah menggunakan tepung atau kentang rebus yang dilumatkan, penggunaan telur, putih telur atau tanpa menggunakan telur sama sekali, kemudian juga dilihat dari bagaimana adonan di masak (panggang, rebus, goreng) serta tambahan bahan-bahan lainnya yang digunakan seperti udang, daging sapi, rempah-rempah dan bumbu. 



Di Inggris, fishcake terbuat dari cincangan daging ikan dan kentang yang dilapisi dengan adonan tepung atau tepung roti, tampilannya mirip dengan kroket. Umumnya makanan ini dijual di rumah makan yang menyajikan Fish & Chips. Di sebagian negara Asia Timur, fishcake terbuat dari adonan daging yang diuleni hingga kalis. Sedangkan di kuliner Thailand  daging ikan yang telah dihaluskan kemudian dicampur dengan irisan kacang buncis, daun ketumbar, kecap ikan, daun jeruk purut, pasta kari, dan telur. Adonan kemudian di goreng dalam minyak yang banyak dan disajikan bersama dengan saus cabai yang terasa manis pedas. Makanan ini bernama thot man pla dan cukup terkenal hampir di seluruh dunia. 



Untuk membuat fishcake cukup dengan membentuk pasta ikan yang telah jadi menjadi bulatan seperti perkedel kentang agak pipih dengan diameter sekitar 3 cm. Perkedel lantas digoreng menggunakan sedikit minyak di wajan datar anti lengket hingga permukaannya kecoklatan. Hasilnya adalah perkedel ikan yang kenyal, chewy, gurih dengan rasa ikan yang kuat. Luar biasa lezat! Biasanya perkedel disajikan bersama dengan mie kuah dan mie goreng atau sebagai bahan campuran cap cay. Hmm, saya membuat semangkuk mie soun kuah dengan wortel dan daun bawang yang saya tambahkan irisan perkedel ikan dan bakso. Yummy! Resepnya akan saya posting menyusul. ^_^

Yuk, kita langsung ke proses pembuatannya saja ya. 


Perkedel Ikan – Homemade Fishcakes
Resep diadaptasikan dari blog Hunger Hunger – Fish Paste, Fish Balls & Fishcakes dan  blog Greg & Nee & Baby Kay on the Go! – Fish Balls Tang Hoon 

Untuk sekitar 10 buah fishcakes (atau tergantung besarnya fishcake yang akan anda buat)


Bahan:

– 300 – 400 gram daging ikan tengiri atau ikan ekor kuning atau ikan berdaging putih lainnya
– 1 butir putih telur


– 1 sendok teh garam


– 1 sendok teh merica bubuk


– 3 – 4 sendok teh air es


– 1/2 sendok teh kaldu bubuk


– 2 sendok makan tepung maizena

– 1 sendok teh gula pasir

Bahan lain:


– semangkuk air es untuk membasahi tangan dan merendam bakso ikan

Cara membuat:

Untuk membuat fish paste atau pasta ikan proses dan bahannya sama seperti ketika anda membuat pasta ikan untuk bakso ikan. Silahkan klik di artikel saya Membuat Bakso Ikan: Homemade Fish Balls untuk proses lengkapnya.



Pasta ikan yang telah jadi bisa anda olah menjadi bakso ikan dengan cara merebusnya di air mendidih atau perkedel ikan seperti yang saya tunjukkan di bawah ini.



Basahi tangan anda dengan air es agar adonan tidak lengket, kemudian ambil 2 sendok makan adonan pasta ikan, bentuk bulat agak pipih dengan diameter + 3 cm.  Tata di loyang bertabur sedikit tepung maizena agar tidak lengket. Lakukan hingga semua adonan pasta ikan habis. 

Siapkan penggorengan datar anti lengket, beri sedikit minyak ratakan dan panaskan minyak. Ambil perkedel ikan di loyang dengan bantuan spatula atau pisau dapur akan perkedel terangkat semua tanpa merusak bentuk. Goreng perkedel ikan hingga sisinya kecoklatan, balikkan dan goreng sisi sebelahnya hingga matang. Angkat dan tiriskan. 



Nah, perkedel ikan yang telah jadi siap untuk disantap bersama nasi hangat dan saus sambal atau sedap sebagai campuran mie kuah. Selamat mencoba!


Sources:

Blog Hunger Hunger – Fish Paste, Fish Balls & Fishcakes 

Blog Greg & Nee & Baby Kay on the Go! – Fish Balls Tang Hoon Just Try & Taste – Membuat Bakso Ikan: Homemade Fish Balls
Wikipedia – Fishcake
 

Lihat juga:   Resep Terik Bandeng dan Tahu dengan Nasi Jagung


Membuat perkedel ikan yang spongy & springy : Homemade Fishcake, Sumber Resep: http://www.justtryandtaste.com/2012/06/membuat-perkedel-ikan-yang-spongy.html

Add Comment