loading...

KUE TELUR GABUS KACANG

hai bunda, saat ini saya akan akan informasikan mengenai “KUE TELUR GABUS KACANG“. harapan kami resep ini cocok untuk bunda yang senang memasak. jangan lupa sebarkan KUE TELUR GABUS KACANG ini ke saudara bunda ya.


Kue telur gabus kacang merupakan kue tradisional yang rasanya gurih dan renyah. Meskipun memakai nama “telur gabus”, kue ini sama sekali tidak menggunakan bahan berupa telur ikan gabus, tetapi dari tepung sagu dan terigu.

Mungkin dikarenakan bentuk kue ini yang mengembung lonjong mirip dengan telur ikan gabus yang bergerombol sehingga dinamakan kue telur gabus. Kue telur gabus ini merupakan salah satu variasi atau modifikasi dari kue widaran yang bersalut gula. Nama lain untuk kue telur gabus adalah kue telur belanak.

Kue telur gabus dengan rasa kacang tanah ini adalah salah satu variasi dan kreasi dari kue telur gabus, selain kue telur gabus polos, keju, dan aneka rasa lainnya. Kue telur gabus sering dihadirkan sebagai salah satu kue kering lebaran pada saat Hari Raya Idul Fitri dan hari besar lainnya, atau sekadar sebagai camilan di saat santai.

Dengan bahan dan cara pembuatan yang tidak terlalu rumit serta hasil pembuatan kue telur gabus kacang dari resep ini yang bisa mencapai 2500 gram (2,5 kg), kue ini sangat layak dijadikan sebagai salah satu kue kering pilihan untuk Hari Raya Idul Fitri.

KUE TELUR GABUS KACANG

BAHAN TELUR GABUS :
480 gr tepung sagu tani
150 gr tepung terigu protein sedang
150 gr maizena
150 gr kacang tanah kupas, sangrai, blender sampai lembut
9 butir telur, kocok lepas
135 ml air
3 sdm gula tepung
1/2 sdt garam
Minyak untuk menggoreng

Lihat juga:   RESEP MAKANAN BAYI BUBUR SEHAT ENAK

BAHAN BESTA :
800 gr gula pasir
200 gr gula merah, sisir
600 ml air

CARA MEMBUAT :
1. Kocok lepas telur. Tambahkan air, tepung gula dan garam. Aduk rata dengan garpu. Masukkan kacang tanah. Aduk rata.
2. Tuang ke dalam campuran tepung sagu tani, maizena, dan tepung terigu. Aduk rata.
3. Pilin kecil adonan. Masukkan dalam minyak dingin.
4. Goreng sampai matang di atas api sedang. Angkat, tiris dan dinginkan. (Hasil ini dinamakan “telur gabus”)
5. Rebus bahan besta sampai berambut/berserabut. Masukkan telur gabus. Aduk rata, matikan api. Aduk terus sampai kering.

Untuk : 2500 gram

Tips : Untuk mengetes bahan besta apakah sudah berambut/berserabut, bisa dengan meneteskan larutan gula di atas meja, kemudian tekan dengan ujung jari. Jika sudah tidak menempel di ujung jari tangan, berarti bahan besta sudah berambut dan bahan telur gabus siap dimasukkan.


demikianlah tadi sharing “KUE TELUR GABUS KACANG” kali ini. harapan kami resep ini mempunyai manfaat untuk bunda sekalian.

Sumber resep & gambar: http://kuenusantara.blogspot.com/2013/07/kue-telur-gabus-kacang.html

Add Comment