Cara membuat kerupuk kemplang khas palembang yang enak, gurih, dan renyah

hai bun, saat ini kami hadirkan “Cara membuat kerupuk kemplang khas palembang yang enak, gurih, dan renyah”. semoga resep ini dapat bermanfaat untuk bunda yang senang memasak. jangan lupa share Cara membuat kerupuk kemplang khas palembang yang enak, gurih, dan renyah ke kawan sista ya.


Cara membuat kerupuk kemplang khas palembang yang enak, gurih, dan renyah. Kerupuk kemplang adalah salah satu jenis kerupuk yang terbuat dari bahan dasar ikan. Kerupuk kemplang merupakan kerupuk khas kota palembang atau beberapa tempat lain di Sumatera Selatan. Kerupuk kemplang terbuat dari bahan dasar seperti tepung tapioka, daging ikan putih, dan bahan-bahan bumbu lainnya. Proses pembuatan kerupuk kemplang ini terbilang gampang-gampang susah. Daging ikan digiling halus, kemudian di campur dengan sedikit air dan bumbu-bumbu penyedap. Lalu diaduk hingga tercampur rata dan kalis. Kemudian adonan dicetak, dikukus, dan dijemur hingga kering, lalu dipanggang. Untuk lebih jelasnya baca artikel kami ini selengkapnya, karena pada artikel ini akan kami share cara membuat kerupuk kemplang secara rinci, dan jelas dari bahan-bahan yang dibutuhkan hingga alat-alat yang diperlukan dalam pembuatan kerupuk kemplang palembang ini:http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/06/membuat-kerupuk-kemplang-palembang.html
Bahan-bahan untuk membuat kerupuk kemplang khas palembang:
• Ikan
http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/06/membuat-kerupuk-kemplang-palembang.htmlIkan yang digunakan dalam pembuatan kerupuk kemplang ini umumnya adalah ikan dengan daging yang berwarna putih, seperti ikan gabus, tenggiri, belida dan belidang. Penggunaan ikan dengan daging selain putih sebenarnya bisa digunakan, namun kerupuk yang dihasilkan akan berwarna coklat dan keabu-abuan.
• Tepung tapioka
http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/06/membuat-kerupuk-kemplang-palembang.htmlAgar kerupuk yang dihasilkan enak, gurih dan renyah. Gunakan tepung tapioka dengan kualitas yang baik yaitu berwarna putih mengkilat. Jangan gunakan tepung tapioka yang bermutu rendah. Ciri-ciri tepung tapioka yang bermutu rendah adalah tidak mengkilat, lembab, dan berbau. Penggunaan tepung tapioka yang bermutu rendah akan menghasilkan kerupuk yang bermutu rendah pula.
• Bumbu penyedap
Bahan bumbu yang biasanya digunakan dalam membuat kerupuk kemplang adalah garam dan monosodium glutamat. Bahan ini digunakan dengan ukuran 0,5 – 1% dari berat adonan kerupuk. Selain itu bahan lain seperti bawang putih, merica, dan jahe biasanya juga bisa digunakan dengan ukuran 5% dari berat adonan. 

Alat-alat yang diperlukan dalam pembuatan kerupuk kemplang palembang, antara lain:
• Alat penggiling
Alat penggiling diperlukan untuk menggiling daging ikan hingga halus. Untuk pembuatan kerupuk dalam skala kecil bisa menggunakan alat penggiling berupa blender, atau juga bisa secara manual dengan ditumbuk menggunakan lesung penumbuk beras atau sebagainya.
http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/06/membuat-kerupuk-kemplang-palembang.html• Meja ulen
Meja ulen diperlukan dalam membuat adonan yaitu untuk menguleni atau mencampur bahan-bahan hingga tercampur rata. Gunakan meja dengan permukaan yang bersih, keras, licin dan mudah untuk dibersihkan.
• Silinder kayu
Alat ini digunakan untuk membuat adonan menjadi lembaran tipis dengan ketebalan 2-3 mm. Permukaan silinder harus rata, licin, tidak lengket, dan mudah untuk dibersihkan.
• Pengukus
Alat pengukus diperlukan untuk mengukus adonan kerupuk kemplang yang sudah dicetak.
• Alat pengering
http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/06/membuat-kerupuk-kemplang-palembang.htmlAdonan kerupuk kemplang yang telah dikukus harus dikeringkan. Dengan bantuan alat pengering seperti tampah atau penyangga sangat diperlukan untuk mengeringkan kerupuk secara langsung dibawah sinar matahari. Namun alat pengering buatan lainnya mungkin diperlukan apabila tidak tersedia terik matahari yang cukup.

Lihat juga:   Resep Cake Tapai Keju Special Versi Buttercake – Harum

Langkah-langkah atau cara membuat kerupuk kemplang khas palembang:
1. Membuat adonan:

  • Pertama-tama, ikan disiangi, kemudian di cuci hingga bersih, lalu pisahkan daging ikan dari tulang, dan kulitnya. 
  • 1 kg daging ikan ditambah air 2 liter, kemudian digiling hingga halus.
  • Setelah itu tuang tepung tapioka diatas meja ulen. Bisa dibentuk berupa seperti sumur, kemudian tuangkan bubur atau daging ikan yang telah dihaluskan tadi ke dalam sumur tepung tapioka tersebut. Tambahkan bumbu-bumbu penyedap lalu aduk-aduk atau uleni adonan tersebut  hingga kalis dan tercampur rata. Adonan yang kalis adalah adonan yang tidak lengket di tangan.

2. Mencetak adonan:

  • Adonan diletakkan diatas meja ulen, kemudian digiling atau diratakan dengan menggunakan kayu yang berbentuk silinder hingga adonan menjadi lembaran yang tipis dengan ketebalan 2-3 mm. 
  • Kemudian bentuk lembaran adonan ini dengan menekan cetakan ke permukaan lembaran adonan. Bisa menggunakan cetakan dengan diamter 4 cm.

3. Pengukusan
Adonan yang telah dicetak kemudian dikukus selama 20 menit sehingga menghasilkan kerupuk kemplang basah dengan warna yang bening dan mengkilat.
4. Pengeringan

  • Kerupuk kemplang basah kemudian dijemur hingga kering dengan kadar air dibawah 10%. Kerupuk yang sudah kering ditandai dengan kekerasannya dan mudah untuk dipatahkan. Pada matahari yang cerah dibutuhkan 3-4 hari penjemuran. 
  • Apabila yang dikukus adalah adonan kerupuk dengan bentuk silinder. Maka setelah pengukusan, adonan harus diangin-anginkan selama 2 hari sehingga adonan tersebut sedikit mengeras atau mengering. Kemudian dilakukan dipotong atau dirajang dengan ketebalan 2-3 mm, yang selanjutnya baru bisa dikeringkan.

5. Pemanggangan
Kerupuk kemplang yang sudah kering sudah dapat digoreng, namun agar kerupuk kemplang yang dihasilkan bisa gurih, renyah, dan berbau lebih enak, kerupuk kemplang lebih baik di panggang atau digoreng diatas bara api hingga mekar. Kerupuk kemplang sudah bisa dinikmati atau dihidangkan.
 
Demikianlah cara membuat kerupuk kemplang khas palembang yang enak, gurih, dan renyah. Semoga bermanfaat, baca juga “cara membuat keripik daun bayam yang enak” dan “cara membuat kerupuk ikan tengiri“.

Lihat juga:   Resep Chicken Teriyaki

Sumber: tips dan pembuatan
Sumber resep & gambar: http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/06/membuat-kerupuk-kemplang-palembang.html

Add Comment