Cara membuat kerupuk ikan tenggiri yang enak dan renyah dengan mudah

halo sist, pada kesempatan ini kami akan bagikan “Cara membuat kerupuk ikan tenggiri yang enak dan renyah dengan mudah”. harapan kami resep ini bermanfaat untuk bunda yang suka memasak. jangan lupa sebarkan Cara membuat kerupuk ikan tenggiri yang enak dan renyah dengan mudah ke kawan qmu ya.


Cara membuat kerupuk ikan tenggiri yang enak dan renyah dengan mudah. Kerupuk ikan tenggiri mempunyai rasa yang sangat enak, gurih, dan renyah. Rasa kerupuk ikan tengiri ini sangat pas atau cocok untuk dijadikan lauk atau pendamping makanan utama seperti nasi. kerupuk ikan tengiri ini sudah sangat terkenal dan banyak yang menyukainya. Kerupuk ikan tenggiri ini adalah makanan ringan khas kota jepara jawa tengah dan cilacap. Dinamakan kerupuk ikan tengiri karena bahan dasar pembuatan kerupuk ini adalah dari ikan tengiri. Bagi anda yang sedang mencari resep dan cara membuat kerupuk, maka kami sarankan anda untuk mencoba  membuat kerupuk ikan tengiri ini, selain rasanya yang enak, dan gurih, cara membuat kerupuk ikan tengiri ini pun bisa dibilang mudah, berikut ini kami berikan resep dan cara membuat kerupuk ikan tenggiri yang enak dan renyah:http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/06/cara-membuat-kerupuk-ikan-tenggiri.html
Bahan-bahan untuk membuat kerupuk ikan tengiri:

  • 400 gram daging ikan tengiri 
  • 600 gram tepung sagu
  • 4 butir telur ayam
  • 40 gram gula pasir
  • 1 sendok teh soda kue
  • Penyedap rasa secukupnya 
  • Garam secukupnya

Cara membuat kerupuk ikan tengiri:

  1. Pertama-tama, daging ikan tengiri dihaluskan dengan cara diblender atau ditumbuk. 
  2. Setelah itu buat adonan dengan mencampur aduk bahan-bahan seperti, air, garam, gula, dan penyedap rasa. Lalu masukkan tepung sagu ke dalam adonan tersebut sedikit demi sedikit sambil di aduk-aduk atau diuleni agar adonan bisa tercampur rata.
  3. Masukkan telur yang sudah dikocok ke dalam adonan, kemudian tambahkan pula soda kue ke dalam adonan tersebut. Lalu aduk-aduk agar adonan tercampur rata.
  4. Apabila adonan sudah tercampur dengan rata, langkah selanjutnya adalah membentuk adonan tersebut menjadi panjang dengan ukuran kira-kira sebesar jari telunjuk. Kemudian bungkus menggunakan plastik dan kukus adonan tersebut hingga matang.
  5. Bila adonan sudah dikukus  hingga matang, selanjutnya potong-potong menjadi kecil dengan ukuran 1 cm. Kemudian jemur hingga kering di bawah terik sinar matahari langsung.
  6. Bila kerupuk tengiri tersebut sudah kering, itu berarti kerupuk ikan tenggiri tersebut sudah siap untuk digoreng.
  7. Goreng kerupuk hingga matang dan hidangkan sebagai camilan untuk keluarga atau dijadikan sebagai makanan ringan pendamping nasi pun juga enak.
Lihat juga:   RESEP SEDERHANA MEMBUAT PUDING SPESIAL ROTI TAWAR KARAMEL YANG SUPER LEZAT, LEMBUT DAN NIKMAT

Bagaimana, cukup mudah kan? Demikianlah artikel yang membahas cara membuat kerupuk ikan tenggiri yang enak dan renyah dengan mudah. Semoga bisa bermanfaat untuk anda, jangan lupa baca juga artikel berikutnya, “resep cara membuat kerupuk kemplang palembang” dan “cara membuat kerupuk samiler“.

Sumber: tips dan pembuatan
Sumber resep & gambar: http://prosescaramembuat.blogspot.com/2015/06/cara-membuat-kerupuk-ikan-tenggiri.html

Add Comment