Cake Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar Parut


Sebenarnya malam telah cukup larut kala saya mengutak-atik aneka bahan di dapur untuk membuat cake gulung ini. Walau badan letih dan terdera flu yang baru saja menyerang di Sabtu kemarin, namun semangat untuk membuat cake roll yang satu ini tidak padam. Itu karena resep cake gulung ubi jalar ini sangat mudah sekali dibuat dan minus lemak alias tanpa mentega/margarine, jadi secara keseluruhan lebih sehat dan rendah kalori dibandingkan cake gulung umumnya. Hobi ngemil dan program penurunan berat badan memang dua hal yang tidak sejalan, karena itu saya berusaha untuk memilah jenis camilan yang masuk ke mulut saya, walau terkadang itu semua tergantung mood juga. ^_^

Ubi jalar yang saya gunakan di resep ini  adalah jenis Cilembu yang manis dan legit namun sayangnya warnanya kurang menyala. Jika anda berkesempatan menemukan jenis ubi jalar yang berwarna merah jingga, atau ungu maka jangan lewatkan kesempatan tersebut untuk membelinya dan mencoba menyulapnya menjadi cake roll yang satu ini. Saya pastikan anda tidak akan menyesalinya.


Di resep aslinya, cake gulung ini menggunakan cream cheese sebagai bahan pengisinya. Nah, kali ini saya menggantinya dengan bahan yang lebih murah dan mudah diperoleh serta kebetulan selalu tersedia di dapur rumah Pete yaitu peanut butter jam alias selai kacang. Saya memang selalu menyediakan minimal tiga jenis selai di kulkas yaitu strawberry, blueberry dan selai kacang yang greasy, ini karena selai-selai ini terasa sangat sedap jika disantap dengan cheese crackers yang asin dan gurih. Okeh, saya terpaksa mengakui salah satu kebiasaan buruk saya, jika malam-malam perut terasa keruyukan maka potongan crackers dan selai menjadi penyelamat agar tidur saya bisa menjadi lebih pulas ^_^.  Jika anda sedang dalam program penurunan berat badan yang seakan never ending story seperti saya maka saya sarankan don’t try this at home, oke. 


Cake gulung ubi jalar ini menurut saya rasanya sama sekali tidak mengecewakan. Cake memiliki tekstur kenyal, padat dengan rasa unik ubi jalar yang manis legit. Selai kacang yang saya gunakan menggantikan cream cheese terasa oke berpadu dengan parutan keju cheddar yang asin. Secara kesuluruhan cake gulung ini tidak terlalu eneg dan saya jamin tidak membuat anda cepat bosan. 

Tips membuat cake gulung adalah alasi loyang anda dengan kertas baking/kertas minyak kemudian lapisi permukaan kertas dengan mentega tipis baru adonan cake anda tuangkan ke atasnya. Cara ini membuat cake mudah dilepas dari loyang dan mempercepat kita menggulungnya. Saat cake masih panas, buat irisan memanjang di salah satu sisi permukaan cake dengan pisau tajam, kemudian dorong cake hingga membentuk gulungan sambil melepaskan kertas yang menempel. Biarkan cake tergulung dengan kertasnya hingga cake agak menghangat baru kemudian buka gulungan dan oleskan selai kacang dan taburi dengan keju cheddar parut. Jika anda menggunakan butter cream sebagai bahan pengisinya maka pastikan cake telah benar-benar dingin sempurna agar krim yang diaplikasikan tidak meleleh. 


Satu kendala saat membuka gulungan cake adalah permukaan cake yang saling menempel satu sama lainnya sehingga patah-patah dan tidak rapi. Agar tidak terjadi hal yang seperti ini maka alasi permukaan cake anda dengan kertas baking baru kemudian gulung cake beserta kertas di permukaannya. Kertas ini akan mencegah cake menempel dan menghasilkan permukaan cake yang mulus kala gulungan cake di buka dan bahan isi di letakkan di permukaannya. 

Satu hal lagi, resep asli cake ini sebenarnya menggunakan labu kuning dan bukan ubi jalar, jadi jika anda memiliki labu kuning maka tidak ada salahnya jika anda melakukan eksperimen lainnya dengan menggunakan labu kuning. Kukus labu hingga empuk, haluskan dan jadikan bahan pengganti ubi jalar. Membuat cake gulung ubi jalar ini sangat mudah dan cepat, jadi tidak ada alasan bagi anda untuk tidak mencobanya di rumah bukan? Yuk, kita langsung ke dapur saja.


Cake Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar ParutResep diadaptasikan dari web Joy of Baking – Pumpkin Roll

Untuk 1 gulung cake menggunakan loyang ukuran 34 x 23 cm

Bahan:– 100 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah (misal Segitiga Biru atau Kunci Biru)– 1 sendok teh bubuk spekuk (untuk menggantikan 1/2 sendok teh kayu manis bubuk, 1/4 sendok teh all spice bubuk)– 1/2 sendok teh baking powder (pastikan fresh, cek masa kedaluarsanya dan gunakan yang double acting baking powder)– 1/2 sendok teh baking soda (saya tidak pakai)– 1/4 sendok teh garam– 1/4 sendok teh vanili bubuk– 3 butir telur ayam, ukuran besar, suhu ruang– 200 gram gula pasir– 150 gram ubi jalar, kukus dan lumatkan hingga benar-benar lumat dan halus
Isi cake:– 100 gram selai kacang siap pakai
– 50 gram keju cheddar parut 

Taburan:
Gula halus (optional)
Cara membuat:
Siapkan oven, panaskan di suhu 195’C. Letakkan kawat pemanggang di tengah. Alasi loyang ukuran 34 x 23 cm dengan kertas baking, olesi permukaan kertas dengan mentega/margarine tipis-tipis, olesi juga sisi loyang yang tidak tertutup kertas. Sisihkan. 


Siapkan mangkuk, masukkan bahan kering, tepung terigu, baking powder,  bumbu spekuk, garam, vanili bubuk, aduk rata. Sisihkan.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan telur, gula pasir, kocok dengan speed sedang hingga menjadi adonan yang kental, pekat dan pucat, sekitar 10 menit dengan mikser biasa.  Masukkan ubi jalar yang telah dihaluskan ke dalam kocokan telur, kocok hingga tercampur baik. 


Kurangi kecepatan mikser menjadi paling rendah. Tambahkan tepung terigu sedikit demi sedikit ke dalam adonan dan kocok sebentar hanya agar tepung terigu tercampur dengan baik. Matikan mikser. 


Tuangkan adonan ke loyang dan panggang selama 2o -25 menit atau hingga permukannya mulai kuning kecoklatan dan matang ketika di tusuk dengan lidi. Keluarkan dari oven. Lepaskan cake dari loyang dengan cara mengangkat sisa kertas minyak di bagian kedua ujung cake. Letakkan cake di meja datar. 

Buat sayatan memanjang di bagian ujung salah satu sisi pendek cake dengan menggunakan pisau, jangan sampai putus. Anda bisa menutup permukaan cake dengan sehelai kertas baking untuk mencegah cake menempel saat digulung dan menyusahkan anda untuk membukanya ketika akan mengaplikasikan selai dan keju. 



Dorong cake ke bagian dalam hingga membentuk satu gelondongan sambil tangan anda melepaskan kertas baking yang menempel di dasar cake. Bungkus rapat cake dengan kertas baking bekas yang telah anda lepaskan. Biarkan sejenak agar cake menghangat. 

Buka gulungan cake dan oleskan permukaannya dengan selai kacang dan taburi dengan keju parut. 

Tips: jika selai kacang terlalu pekat, cairkan dengan air hangat dan aduk rata sehingga selai kacang menjadi tidak terlalu pekat dan mudah untuk dioleskan ke permukaan cake.


Gulung kembali cake, taburi permukaannya dengan gula bubuk (optional), dan potong-potong sesuai selera. Cake gulung ubi jalar siap disajikan. Yummy!


Source:
Web Joy of Baking – Pumpkin Roll

Lihat juga:   Resep Pisang Keju Crispy & Cara Membuat Nya


Cake Gulung Ubi Jalar dengan Selai Kacang & Keju Cheddar Parut, Sumber Resep: http://www.justtryandtaste.com/2012/03/cake-gulung-ubi-jalar-dengan-selai.html

Add Comment